Ikan

10 Jenis Ikan Hias yang Populer di Indonesia, Salah Satunya Punya Harga Ratusan Juta

Pinterest LinkedIn Tumblr

Indonesia, negara kepulauan yang diberkahi dengan kekayaan alam luar biasa, tak hanya terkenal dengan pantai eksotis dan hutan lebatnya, tetapi juga keanekaragaman hayati bawah lautnya yang memukau. Salah satu kekayaan alam yang menarik perhatian pecinta akuarium adalah ikan hias. Berbagai jenis ikan hias dengan warna, bentuk, dan karakteristik unik menghiasi akuarium di rumah-rumah masyarakat Indonesia.

Artikel ini akan mengupas beberapa jenis ikan hias yang populer di Indonesia, beserta daya tarik dan tips merawatnya.

1. Ikan Cupang (Betta sp.)

Siapa yang tidak kenal ikan cupang? Ikan yang dijuluki “Si Betta” ini merupakan primadona di kalangan pecinta ikan hias. Dikenal dengan siripnya yang panjang dan warna yang mencolok, ikan cupang memiliki berbagai varietas, seperti plakat, halfmoon, dan crowntail. Ikan ini tergolong mudah dipelihara dan harganya pun relatif terjangkau.

2. Ikan Guppy (Poecilia reticulata)

Ikan mungil yang satu ini terkenal dengan corak dan warnanya yang beragam. Guppy mudah beradaptasi dan tidak memerlukan perawatan rumit, menjadikannya pilihan ideal bagi pemula. Ikan ini juga tergolong murah dan mudah ditemukan di toko ikan hias.

3. Ikan Koi (Cyprinus carpio)

Ikan koi identik dengan kolam besar dan taman bernuansa Jepang. Ikan yang terkenal dengan corak dan warnanya yang indah ini melambangkan keberuntungan dan kemakmuran. Merawat koi membutuhkan komitmen dan pengetahuan yang cukup, karena ikan ini membutuhkan ruang yang luas dan air dengan kualitas terbaik. Di Jepang ikan Koi yang unik bisa terjual hingga ratusan juta rupiah.

4. Ikan Neon Tetra (Paracheirodon innesi)

Ikan kecil berwarna cerah ini berasal dari Amerika Selatan. Neon tetra terkenal dengan gerombolannya yang menari-nari di dalam akuarium, menciptakan pemandangan yang indah dan menenangkan. Ikan ini tergolong mudah dipelihara, namun membutuhkan akuarium yang ditata dengan baik dan tanaman air.

5. Ikan Arwana (Osteochilus spp.)

Arwana merupakan salah satu ikan hias air tawar termahal di dunia. Ikan ini digemari karena keindahan sisiknya yang berkilauan dan dipercaya membawa keberuntungan. Merawat arwana membutuhkan pengetahuan dan keahlian khusus, karena ikan ini sensitif terhadap perubahan lingkungan dan membutuhkan akuarium yang besar.

6. Ikan Discus (Symphysodon discus)

Ikan discus terkenal dengan bentuknya yang pipih dan coraknya yang menawan. Ikan ini tergolong damai dan cocok untuk dipelihara di komunitas akuarium. Discus membutuhkan akuarium yang besar dan air dengan kualitas tinggi, serta perawatan yang rutin.

7. Ikan Mas Koki (Carassius auratus)

Ikan mas koki merupakan salah satu ikan hias terpopuler di dunia. Ikan ini mudah dipelihara dan tersedia dalam berbagai varietas dengan bentuk dan warna yang beragam. Ikan mas koki tergolong ikan yang kuat dan tahan lama, menjadikannya pilihan ideal bagi pemula.

8. Ikan Molly (Poecilia latipinna)

Ikan molly merupakan ikan hias air tawar yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Ikan ini terkenal dengan warnanya yang cerah dan mudah dipelihara. Molly cocok untuk dipelihara di komunitas akuarium dan tidak memerlukan perawatan rumit.

9. Ikan Platy (Xiphophorus spp.)

Ikan platy adalah ikan hias air tawar yang populer karena sifatnya yang damai dan mudah beradaptasi. Ikan ini tersedia dalam berbagai varietas dengan warna dan corak yang beragam. Platy cocok untuk dipelihara di komunitas akuarium dan tidak memerlukan perawatan rumit.

10. Ikan Louhan (Hemigrammopeterus caudatus)

Ikan louhan terkenal dengan jenongnya yang besar dan warnanya yang mencolok. Ikan ini dipercaya membawa keberuntungan dan kemakmuran. Merawat louhan membutuhkan pengetahuan dan keahlian khusus, karena ikan ini sensitif terhadap perubahan lingkungan dan membutuhkan akuarium yang besar.

Write A Comment