Burung

5 Jenis Burung Paling Mahal di Dunia, Nomor Satu Sering dipelihara di Indonesia

Pinterest LinkedIn Tumblr

Dunia fauna menyimpan pesona yang tak ternilai, dan di antara sekian banyak spesies, burung-burung tertentu telah menjadi simbol status dan kemewahan. Dengan harga yang melambung tinggi, burung-burung ini menjadi incaran para kolektor dan pecinta burung eksotis di seluruh dunia. Mari kita telusuri lima jenis burung yang berhasil mengguncang pasar global dengan harga fantastisnya.

1. Merpati Balap

Di puncak daftar, merpati balap menjadi primadona dengan rekor harga yang mencengangkan. Seekor merpati balap bernama Armando berhasil terjual seharga 1,4 juta dolar AS (setara Rp20 miliar) pada tahun 2019. Kemampuan luar biasa dalam navigasi dan kecepatan terbang menjadikannya aset berharga dalam dunia balap merpati. Selain bakat alami, pelatihan intensif dan garis keturunan juara juga turut mendongkrak nilai jualnya.

2. Hyacinth Macaw

Hyacinth Macaw, dengan bulu biru mencolok dan ukuran tubuh yang besar, menjadi burung beo termahal di dunia. Keindahannya yang memukau dan kemampuan meniru suara manusia membuatnya menjadi incaran para kolektor. Harga seekor Hyacinth Macaw dewasa dapat mencapai puluhan ribu dolar AS, dan kelangkaannya di alam liar semakin meningkatkan nilai jualnya.

3. Kakatua Jambul Hitam

Kakatua Jambul Hitam, endemik Papua, dikenal dengan jambulnya yang unik dan kemampuan vokalnya yang mengesankan. Keberadaannya yang terancam punah dan penampilannya yang eksotis menjadikannya salah satu burung paling dicari di pasar gelap. Harga seekor Kakatua Jambul Hitam dapat mencapai ratusan juta rupiah, dan perdagangan ilegalnya menjadi perhatian serius bagi konservasi satwa liar.

4. Elang Emas

Elang Emas, dengan rentang sayap yang lebar dan tatapan tajamnya, telah lama menjadi simbol kekuatan dan kejayaan. Kemampuan berburunya yang luar biasa dan penampilannya yang megah menjadikannya burung pemangsa paling dihormati. Meskipun tidak sepopuler burung hias, Elang Emas tetap memiliki nilai jual tinggi di kalangan penggemar burung pemangsa dan falconry.

5. Toucan

Toucan, dengan paruhnya yang berwarna-warni dan ukurannya yang besar, merupakan salah satu burung paling ikonik dari hutan hujan Amerika Selatan. Keunikan penampilannya dan kemampuannya beradaptasi dengan lingkungan yang beragam membuatnya menjadi daya tarik tersendiri. Toucan sering kali menjadi koleksi pribadi para pecinta burung eksotis dan dapat dihargai hingga puluhan ribu dolar AS.

Kontroversi dan Konservasi

Tingginya harga burung-burung eksotis ini memicu kontroversi terkait perdagangan satwa liar ilegal. Perburuan liar dan penyelundupan burung menjadi ancaman serius bagi kelestarian populasi mereka di alam liar. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mendukung upaya konservasi dan membeli burung dari peternak resmi yang memiliki izin dan sertifikasi.

Kesimpulan

Burung-burung termahal di dunia bukan hanya sekadar hewan peliharaan, tetapi juga merupakan simbol kekayaan, status, dan keindahan alam. Keberadaan mereka yang langka dan keunikan masing-masing menjadikan mereka aset berharga yang patut dilindungi. Dengan menjaga kelestarian habitat mereka dan mendukung upaya konservasi, kita dapat memastikan bahwa generasi mendatang masih dapat menikmati keindahan burung-burung eksotis ini di alam liar.

Write A Comment