Burung

Harga Burung Kacer Terbaru 2024, Fluktuasi dan Faktor Penentunya

Pinterest LinkedIn Tumblr

Burung kacer (Copsychus saularis) merupakan salah satu primadona kicauan di Indonesia. Dikenal dengan suara kicauannya yang merdu dan tingkahnya yang lincah, kacer menjadi favorit banyak pecinta burung. Harganya pun terbilang cukup tinggi, dibandingkan dengan burung kicauan lain.

Namun, harga burung kacer tidak selalu stabil. Ada kalanya harga mengalami kenaikan, dan di lain waktu harga bisa turun. Fluktuasi harga ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya:

1. Musim

Musim panen anakan kacer biasanya terjadi pada bulan September hingga Desember. Pada periode ini, harga anakan kacer relatif murah. Namun, memasuki musim kemarau (Juni-Agustus), harga anakan kacer mulai naik karena ketersediaannya yang berkurang.

2. Kualitas Burung

Kualitas burung kacer menjadi faktor utama penentu harga. Burung kacer dengan kualitas suara yang bagus, mental yang kuat, dan fisik yang sehat akan dihargai lebih tinggi. Kacer yang sudah gacor (mampu berkicau dengan merdu) tentu memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan anakan kacer yang masih belajar berkicau.

3. Daerah Asal

Daerah asal burung kacer juga turut memengaruhi harganya. Kacer dari Jawa Barat, khususnya dari daerah Sumedang dan Garut, umumnya dihargai lebih tinggi dibandingkan kacer dari daerah lain. Hal ini dikarenakan kacer dari Jawa Barat dianggap memiliki kualitas suara yang lebih bagus dan mental yang lebih kuat.

4. Kontes dan Lomba

Popularitas kacer dalam kontes dan lomba burung kicauan juga memengaruhi harganya. Kacer yang sering juara dalam kontes akan dihargai sangat tinggi. Hal ini karena kacer juara dianggap memiliki kualitas genetik yang unggul dan berpotensi menghasilkan keturunan yang juga berkualitas.

5. Permintaan dan Penawaran

Hukum ekonomi dasar tentang permintaan dan penawaran juga berlaku pada harga burung kacer. Ketika permintaan kacer tinggi, sementara penawarannya terbatas, harga kacer akan naik. Sebaliknya, ketika permintaan kacer rendah dan penawarannya melimpah, harga kacer akan turun.

Harga Burung Kacer Saat Ini (Juli 2024)

Berikut adalah kisaran harga burung kacer saat ini (Juni 2024):

Anakan kacer: Rp 200.000 – Rp 500.000
Kacer dewasa: Rp 500.000 – Rp 5.000.000
Kacer gacor: Rp 5.000.000 – Rp 20.000.000
Kacer juara lomba: Rp 20.000.000 – puluhan juta rupiah
Perlu diingat bahwa harga di atas hanyalah kisaran dan dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor yang disebutkan di atas.

Tips Membeli Burung Kacer

Bagi Anda yang ingin membeli burung kacer, berikut beberapa tips yang dapat membantu:

– Belilah dari penjual terpercaya. Pastikan penjual memiliki reputasi yang baik dan menjual burung kacer yang sehat dan berkualitas.
– Perhatikan kualitas burung. Pilihlah burung kacer yang memiliki fisik yang sehat, bulu yang rapi, dan mata yang cerah.
– Dengarkan suara kicauannya. Pastikan burung kacer memiliki suara kicauan yang merdu dan bervariasi.
– Tanyakan tentang asal-usul burung. Cari tahu dari mana burung kacer berasal dan bagaimana proses perawatannya selama ini.
– Jangan terburu-buru membeli. Luangkan waktu untuk mencari informasi dan membandingkan harga dari beberapa penjual sebelum memutuskan untuk membeli.

Membeli burung kacer memang membutuhkan ketelitian dan pengetahuan yang cukup. Dengan mengikuti tips di atas, diharapkan Anda dapat membeli burung kacer yang berkualitas dan sesuai dengan keinginan Anda.

Perawatan Burung Kacer

Setelah membeli burung kacer, Anda juga perlu memberikan perawatan yang tepat agar burung kacer tetap sehat dan gacor. Berikut beberapa tips perawatan burung kacer:

– Sediakan kandang yang cukup luas. Kandang kacer harus cukup luas agar burung kacer dapat bergerak bebas.
– Berikan pakan yang berkualitas. Pakan utama kacer adalah serangga, seperti jangkrik, ulat hongkong, dan kroto. Anda juga dapat memberikan buah-buahan dan sayur-sayuran untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya.
– Jaga kebersihan kandang. Kandang kacer harus dibersihkan secara rutin untuk mencegah penyakit.
– Mandikan burung kacer secara teratur.

Nah itu dia harga burung Kacer terbaru 2024, perhatikan hal diatas sebelum membeli ataupun menjual.

Write A Comment