Burung

Harga Burung Murai Batu Terbaru 2024, Fluktuasi dan Faktor Penentunya

Pinterest LinkedIn Tumblr

Murai batu (Copsychus saularis) merupakan salah satu primadona kicauan di Indonesia. Burung ini terkenal dengan suara kicauannya yang merdu, kemampuan meniru suara burung lain, dan gayanya yang menawan saat bertanding. Tak heran, popularitasnya melambungkan harga murai batu di pasaran, menjadikannya salah satu burung kicauan termahal di Tanah Air.

Harga murai batu tidaklah statis, melainkan fluktuatif dan dipengaruhi oleh berbagai faktor. Artikel ini akan mengupas tuntas tentang harga murai batu, mulai dari kisaran harga, faktor-faktor yang memengaruhinya, hingga tips membeli murai batu berkualitas.

Kisaran Harga Murai Batu

Harga murai batu di pasaran bervariasi, tergantung pada beberapa faktor seperti usia, jenis kelamin, daerah asal, kualitas suara, prestasi, dan tren pasar. Berikut kisaran harga murai batu berdasarkan kategori umum:

Anakan/Trotol: Rp 200.000 – Rp 1.000.000
Bakalan: Rp 1.000.000 – Rp 5.000.000
Dewasa: Rp 5.000.000 – Rp 100.000.000
Gacor/Juara Lomba: Rp 100.000.000 – ratusan juta, bahkan miliaran
Sebagai contoh, harga murai batu anakan Medan berkisar antara Rp 200.000 – Rp 500.000, sedangkan murai batu dewasa Medan gacor juara lomba bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harga Murai Batu

Berikut beberapa faktor utama yang memengaruhi harga murai batu:

1. Usia dan Jenis Kelamin

– Anakan/Trotol: Harganya lebih murah karena belum diketahui jenis kelamin dan kualitas suaranya.
– Bakalan: Harganya lebih mahal karena sudah bisa dibedakan jenis kelaminnya, jantan biasanya lebih mahal.
– Dewasa: Harganya paling mahal, terutama untuk burung jantan yang sudah gacor dan memiliki prestasi lomba.

2. Daerah Asal

Murai batu dari beberapa daerah tertentu, seperti Medan, Jawa Barat, dan Lampung, umumnya memiliki harga yang lebih tinggi karena dianggap memiliki kualitas suara dan mental yang lebih baik.

3. Kualitas Suara

Murai batu dengan suara kicauan yang merdu, panjang, dan memiliki variasi nada yang banyak, tentu dihargai lebih tinggi. Kemampuan meniru suara burung lain juga menjadi nilai tambah.

4. Prestasi

Murai batu yang memiliki prestasi gemilang dalam lomba kicauan, seperti juara tingkat lokal, regional, atau nasional, akan memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan murai batu biasa.

5. Tren Pasar

Permintaan dan penawaran di pasaran juga turut memengaruhi harga murai batu. Saat popularitas murai batu sedang tinggi, harganya cenderung naik.

Tips Membeli Murai Batu Berkualitas

Membeli murai batu berkualitas membutuhkan pengetahuan dan kejelian. Berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

– Pastikan Anda membeli murai batu dari penjual yang memiliki reputasi baik dan kredibel.
– Pilihlah murai batu yang memiliki fisik yang sehat, seperti bulu yang mengkilap, mata yang cerah, dan gerakan yang aktif.
– Dengarkan suara kicauan murai batu dengan seksama. Pastikan suaranya merdu, panjang, dan memiliki variasi nada yang banyak.
– Jika Anda ingin membeli murai batu untuk lomba, pertimbangkan prestasi yang pernah diraihnya.
– Jangan tergoda untuk membeli murai batu yang melebihi budget Anda.

Membeli murai batu berkualitas memang membutuhkan investasi yang tidak sedikit. Namun, bagi para pecinta kicauan, memelihara murai batu bukan hanya tentang hobi, tetapi juga tentang kepuasan dan kebanggaan.

Perlu diingat bahwa informasi harga di atas hanya sebagai gambaran umum dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang harga murai batu dan tips-tips untuk membelinya.

Write A Comment