Harga Ikan Arapaima Gigas

Harga Ikan Arapaima Gigas

Diposting pada

BAHASHEWAN.ID – Mau pelihara ikan arapaima gigas tapi belum tahu berapa harganya? Berikut kisaran harga arapaima gigas di pasaran.

Meskipun dikenal sebagai predator air yang cukup ganas, masih ada orang yang berminat untuk memelihara arapaima gigas.

Ikan endemik perairan Amazon ini memiliki tubuh yang besar dengan pola tubuh yang cukup unik. Kolektor rela merogoh kocek untuk membayar harga arapaima gigas yang cukup tinggi di pasaran.

Kisaran Harga Seekor Arapaima Gigas

Ikan yang dikategorikan sebagai salah satu spesies air yang berbahaya ini ditawarkan oleh beberapa penjual baik secara langsung maupun online. Harga ikan tersebut berada pada rentang Rp6 juta hingga Rp30 juta.

Orang-orang yang bersedia mengeluarkan uang dengan jumlah sebanyak itu benar-benar memahami nilai keunikan dari arapaima gigas.

Saat ini, cukup sulit bagi seorang kolektor untuk menemukan spesies ikan tersebut di pasaran. Alasannya adalah pemerintah Indonesia mulai menerapkan pengawasan ketat terhadap jual beli ikan tersebut.

Transaksi jual beli menjadi jauh lebih sulit. Karena itulah, harga arapaima gigas dewasa biasanya tidak akan kurang dari Rp10 juta. 

Selain mempertimbangkan harga beli dari ikan tersebut, seorang kolektor juga akan mempertimbangkan proses penangkarannya. Seorang pengembang biak ikan ini menjelaskan bahwa dalam sebulan, diperlukan biaya hingga Rp6 juta untuk membeli pakan. Ikan ini merupakan predator yang biasanya memakan hewan air kecil lainnya.

Biaya penangkaran juga mencakup pembangunan kolam khusus dan sistem filtrasi air yang baik. Kolam arapaima gigas harus sesuai dengan habitat aslinya yaitu perairan Amazon untuk mendukung pertumbuhan yang baik.

Ikan ini tidak boleh dilepas di air bebas karena bisa merusak ekosistem lokal.

Hal Apakah yang Mempengaruhi Harganya?

Harga ikan ini per ekornya cukup bervariasi. Ada beberapa faktor yang menyebabkan penjual menawarkannya variasi harga ini. Satu faktornya adalah usia.

Anakan arapaima gigas akan cenderung dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan yang berusia lebih tua. Hal ini dikarenakan biaya perawatan yang dikeluarkan penjual belum banyak.

Arapaima gigas sendiri memiliki beberapa sub-spesies yang divaluasi berbeda oleh kalangan penggemarnya. Jenis yang dianggap paling murah adalah yang berwarna dominan hitam.

Dibandingkan dengan jenis lainnya, ikan ini biasanya tidak akan memiliki tubuh yang terlalu panjang. Karena secara estetika kurang unik, maka harga arapaima gigas dewasa berwarna hitam cukup terjangkau.

Jenis arapaima yang dianggap primadona oleh para kolektor ikan adalah jenis panda. Julukan tersebut diberikan karena pada bagian kulit ikan ini terdapat campuran warna putih dan hitam.

Selain itu, jenis ini bisa tumbuh hingga berukuran 2 m. Kolektor menyebutkan bahwa harga arapaima gigas panda berusia dewasa bisa mencapai Rp250 juta.

Baca juga: Harga ikan aligator florida gar

Seorang kolektor bersedia untuk membayar mahal guna memelihara seekor ikan predator ini karena apresiasi akan keindahannya. Meskipun begitu, harga tersebut belum termasuk biaya penangkaran yang cukup mahal. Kolektor harus berpikir matang sebelum memutuskan untuk membelinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *