ciri ciri burung kutilang

Ciri Ciri Burung Kutilang

Diposting pada

BAHASHEWAN.ID – Indonesia kaya dengan keanekaragaman flora dan fauna karena keberadaannya di wilayah tropis yang hangat. Banyak flora dan fauna menjadi peliharaan sendiri di rumah karena kecantikannya seperti burung kutilang, tetapi seperti apa ciri-ciri burung kutilang?

Jenis kutilang di Indonesia memiliki variasi cukup tinggi yang tersebar di berbagai wilayah dengan keunikannya masing-masing. Perbedaan fisik dan perilaku sendiri terjadi karena diversitas lingkungan hidup, suhu, dan ekosistem di sekitarnya.

Ciri-ciri Burung Kutilang

Ini dia beberapa spesies paling terkenal dari burung kutilang di Indonesia serta ciri-cirinya:

1. Kutilang Zebra

kutilang zebra

Nama kutilang satu ini disesuaikan dengan adanya corak hitam putih pada bagian dadanya yang mirip seperti zebra. Kutilang zebra juga punya bagian bawah dagu berwarna putih cerah diikuti dengan hitam di sekitar kepala bagian atas.

Di bagian sayap kutilang zebra jantan punya corak lebih mencolok untuk menarik betinanya. Burung ini punya paruh berwarna gelap kemerahan baik pada pejantan ataupun betinanya.

2. Kutilang Sutra

Kutilang Sutra

Spesies kutilang selanjutnya ini cukup terkenal karena suaranya yang tergolong merdu sehingga kerap kali dijadikan sebagai burung master. Selain suaranya, ciri ciri burung kutilang sutra juga memiliki bulu berwarna hijau hampir di sekujur tubuhnya dan hitam di kepalanya.

Di daerah dekat pangkal ekor serta ujung sayapn burung ini berwarna hitam gelap. Karena tergolong cukup langka, burung ini dipasarkan dengan harga yang cukup tinggi.

3. Kutilang Wilis

Kutilang Wilis

Ciri burung kutilang wilis dengan bulu mencolok berwarna putih pada bagian dadanya dan corak kuning di pangkal ekor serta pipi. Ada banyak sebutan lain untuk kutilang jenis ini seperti cucak wilis ataupun cucak gunung.

Selain dua warna tersebut, bagian lain dari burung kutilang wilis ini berwarna cokelat tua. Sayangnya, kerusakan alam terus menyebabkan populasi burung ini berkurang di habitat aslinya.

4. Kutilang Jawa

Kutilang Jawa

Berukuran sedikit lebih kecil, kutilang Jawa punya ciri khas pada bagian jambulnya dengan warna hitam gelap. Hampir sekujur tubuh burung kutilang Jawa memiliki warna putih terang disertai gelap pada punggung dan kepalanya.

Ada corak menonjol di bagian pangkal ekor burung ini yang berwarna kuning cerah hingga kemerahan. Kutilang Jawa terkenal karena cukup mudah untuk dirawat hingga mampu mengeluarkan bunyi gacor.

5. Kutilang Emas

Kutilang Emas

sesuai dengan nama emas, kutilang ini punya warna kuning terang di sekujur tubuhnya dengan corak gelap di punggung. Bicara lebih lanjut, burung ini juga punya corak warna merah sedikit orange di bagian dagu dan ekornya yang cokelat gelap.

Saat diperhatikan dengan seksama, warna mata burung ini terlihat menonjol di antara gelapnya bulu di bagian kepala. Meskipun tampak lebih menarik, burung ini ternyata tergolong murah mengingat populasinya yang masih banyak.

Baca juga mengenai ciri-ciri burung jalak bali

Itulah dia lima jenis beserta ciri-ciri burung kutilang yang paling terkenal di Indoensia saat ini. Memelihara kutilang sendiri di rumah akan terasa menyenangkan karena burung ini mampu menghasilkan kicauan yang merdu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *