sogok ontong betina dan jantan

Cara Membedakan Burung Sogok Ontong Betina & Jantan

Diposting pada

Burung sogok ontong atau sogon merupakan salah satu jenis burung yang banyak dicari oleh para penghobi burung. Mereka banyak dicari karena memiliki suara yang keras, indah serta berkarater.

Namun, bagi para penghobi burung yang ingin memiliki burung jenis ini dengan suara yang tidak terlalu berisik, dapat memilih burung sogok ontong betina sebagai alternatif.

Sebelum membeli burung madu ini, maka ketahui terlebih dahulu perbedaan antara yang betina dan yang jantan. Dengan begitu, pembeli dapat membeli burung sogon sesuai dengan yang diingingkan.

Cara Membedakan Sogok Ontong Jantan dan Bentina

Untuk lebih detailnya, berikut adalah beberapa cara untuk melihat apakah burung sogok ontong tersebut jantan atau betina:

1. Warna & Ukuran Tubuh

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah melihat warna dan tubuh dari burung sogok ontong betina, maka lihatlah warna pada bulunya. Secara fisik, terlihat bahwa bulunya berwarna lebih pudar dibandignkan dengan yang jantan.

Terkadang, warnanya cenderung menjadi putih,atau abu-abu terutama pada lehernya. Bagian bawah tubuhnya pun tidak secerah dan tegas seperti lawan jenisnya.

Cara lain untuk mengetahui identitas dari seekor burung adalah dengan membandingkan ukuran tubuhnya. Jika ditaruh bersampingan, maka akan terlihat bahwa sogon betina memiliki ukuran yang lebih mungil.

Namun, cara ini baik dilakukan ketika burung telah dewasa dibandingkan ketika masih anakan. Pada saat masih anakan, baik betina maupun jantan masih memiliki ukuran tubuh yang sama kecilnya.

2. Suara

Membedakan sogok ontong betina dan jantan yaitu dengan memperhatikan suaranya. Ketika akan membeli burung sogok ontong dewasa, cobalah mendengar suaranya.

Apabila burung mengeluarkan gacoran keras secara terus menerus, maka burung tersebut berjenis jantan. Sedangkan jika burung cenderung lebih diam dan hanya mengeluarkan cuitan-cuitan pendek, maka itulah yang betina.

3. Perilaku

Sama halnya dengan suara, sang betina cenderung lebih memiliki sifat dan perilaku yang lebih diam dibandingkan dengan burung songok ontong jantan.

Ia tidak banyak bertingkah maupun mengeluarkan suara untuk menarik perhatian orang. Biasanya, ia hanya akan mulai berisik dan bertingkah ketika mencari perhatian dari burung jantan.

4. Mata

Jika masih ragu dalam menentukan burung sogok ontong betina atau jantan, cobalah melihat bagian mata dan alisnya. Apabila diperhatikan secara detail, alis dari burung betina cenderung lebih pendek dan terlihat jelas berwarna pudar seperti putih dan abu-abu.

Sedangkan pada burung jantan, alisnya lebih panjang dan warnanya pun cerah seperti bulu pada bagian lainnya.

Dengan mengetahui karakter pada fisik burung, maka calon pembeli bisa mengetahui jenis kelamin burung yang akan dibeli. Meskipun memiliki fisik yang berbeda dan suara yang tidak sekeras burung jantan, namun burung sogok ontong betina tetap memiliki fisik yang cantik.

Baca juga: Ciri burung kutilang

Jadi, bagi yang ingin memelihara burung namun tidak suka dengan suara berisik, maka burung betina ini sangat cocok untuk dipelihara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *