Burung mahal di indonesia

Burung Mahal di Indonesia

Diposting pada

BAHASHEWAN.ID – Apa saja burung mahal di Indonesia? Berikut ini beberapa burung yang harga bahan atau bakalan saja sudah mahal.

Indonesia merupakan rumah bagi ribuan spesies burung dengan beragam karakteristik. Di antara spesies-spesies tersebut, terdapat beberapa jenis burung yang dianggap sebagai primadona dan diperjualbelikan dengan harga tinggi.

Jenis Burung Harga Mahal di Indonesia

Berikut adalah daftar 5 burung mahal di Indonesia yang banyak dicari oleh para pecinta burung lokal maupun internasional:

1. Kakatua Raja (Palm Cockatoo)

Kakatua Raja

Jenis burung ini disebut sebagai anggota famili kakatua terbesar di dunia. Meskipun ada minat tinggi untuk menjadikannya hewan peliharaan, ternyata burung ini memiliki temperamen yang cukup agresif.

Kamu harus melatihnya secara terus-menerus untuk bisa berinteraksi dengan orang tanpa menyerang. Burung ini bisa dikatakan cukup pintar dan mudah dilatih.

Di pasar burung, harga seekor kakatua raja bisa mencapai 4 juta dalam keadaan hidup. Meskipun begitu, populasi burung ini di alam liar terus menurun seiring dengan berjalannya waktu. Karena itu, semakin sulit untuk menemukannya di pasaran dan mungkin juga burung yang dijual tidak didapatkan secara legal.

2. Cucak Rawa

Cucak Rawa

Cucak rawa adalah burung endemik wilayah Kalimantan dan pesisir Malaysia. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang cukup besar, sesuai dengan kicauannya yang juga sangat keras. Secara tipikal, cucak rawa memiliki garis putih pada bagian dadanya. Penanda fisik lain dari salah satu famili bulbul ini adalah corak oranye pada puncak kepala.

Kisaran rata-rata penjualan seekor cucak rawa di Indonesia adalah 7,5 juta. Diceritakan bahwa harga tersebut sangat tergantung oleh kualitas kicauan dari burung ini. Pemerintah mulai melakukan pelarangan penangkapan cucak rawa yang tinggal di alam bebas karena jumlahnya yang semakin berkurang.

3. Jalak Suren

Jalak Suren

Paruh tajam dan panjang merupakan ciri khas dari burung dengan nama lain pied myna ini. Paruh tersebut juga biasanya memiliki semburat oranye. Sementara itu, tubuh burung cenderung didominasi warna hitam dengan sedikit perpaduan warna putih. Burung ini dapat ditemukan tinggal di dekat pemukiman warga.

Tak kalah merdu dengan jalak suren, burung jalak bali juga tergolong jenis burung harga mahal. Pahami ciri burung jalak bali sebelum membeli.

Jalak suren termasuk dalam kategori burung mahal di Indonesia. Harga standar yang ditawarkan penjual biasanya sebesar 1,5 juta. Banyak pembeli yang tertarik dengan jalak suren karena kicauannya yang cukup merdu.

4. Murai Batu

Murai Batu

Nama lain burung ini adalah kucica alas. Fitur yang paling menonjol dari burung berukuran kecil ini adalah ekornya yang memanjang ke belakang. Bahkan panjang ekor tersebut bisa sama dengan panjang tubuhnya sendiri. Ada tiga warna utama yang biasa dijumpai pada murai batu yaitu hitam, putih, dan oranye.

Burung yang merupakan spesies asli Asia Tenggara ini bisa ditemui di pasaran dengan harga mencapai 3 juta. Kicauan murai batu benar-benar kencang dan membuat orang kaget karena badannya berukuran cukup mini. Pemburu biasanya mencari burung ini di daerah dengan vegetasi tinggi.

5. Kucica Kampung (Kacer)

Burung kacer ini memiliki julukan oriental magpie robin di dalam bahasa Inggris. Terdapat perbedaan yang jelas antara karakteristik fisik kucica kampung jantan dan betina. Kacer atau Kucica kampung jantan memiliki tubuh yang didominasi warna hitam dengan garis tegas putih. Betinanya cenderung memiliki warna tubuh keabu-abuan gelap. 

Di antara daftar burung mahal di Indonesia, kucica kampung mungkin merupakan spesies dengan tingkat populasi yang masih tinggi. Harga burung berkisar antara 250 ribu hingga lebih dari 1 juta. Kucica kampung adalah salah satu burung peliharaan umum di Indonesia.

Indonesia mengenal banyak spesies burung dengan keunikan fisik maupun suara. Karena minat yang tinggi untuk memelihara burung-burung tersebut, sering sekali muncul masalah terkait perburuan liar. Hal ini membuat pemerintah mengeluarkan aturan-aturan untuk melindungi spesies dengan harga jual yang cukup fantastis itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *