Tikusan merah

Mengenal Burung Tikusan Merah

Diposting pada

BAHASHEWAN.ID – Burung tikusan merah, bagi yang belum tau seperti apa burung jenis ini dan ciri-ciri fisiknya. Yuk, lebih mengenal burung tikusan merah.

Indonesia merupakan gudang dari fauna dan flora adalah sebuah fakta yang tidak lagi mengejutkan. Kondisi geografis negara ini memang memungkinkan berbagai flora dan fauna untuk tumbuh dengan baik.

Salah satu jenis fauna yang bisa ditemukan di Nusantara berasal golongan aves. Diketahui terdapat lebih dari 1000 spesies burung di Nusantara, termasuk burung tikusan merah.

Banyak terdapat di Nusa Tenggara dan Sulawesi, burung tikusan merah yang masuk dalam keluarga Rallidae ini merupakan salah satu jenis burung air.

Berdasarkan golongan keluarganya, bisa diketahui bahwa burung tikusan merah memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Selain di Indonesia, burung ini juga bisa ditemukan di Asia Tenggara, China, dan juga India.

Habitat dan Makanan Burung Tikusan Merah

habitat burung tikusan merah

Seperti yang diketahui burung dengan nama latin Porzana fusca ini adalah salah satu spesies burung air. Oleh karena itu, burung ini kerap ditemukan di lokasi-lokasi yang mengandung air. Lokasi yang menjadi tempat tinggal favorit burung ini antara lain yakni pinggiran rawa, daerah di dekat danau, dan juga sawah.

Pada umumnya orang biasa akan kesulitan untuk bertemu atau melihat burung ini meskipun telah datang ke habitatnya. Hal ini dikarenakan sifat burung ini sendiri yang sedikit pemalu, sehingga jarang sekali menampakkan diri.

Momen-momen ketika burung tikusan merah ini menampakkan dirinya yakni saat ia tengah mencari makanan. Namun, kadang kala burung ini bisa terlihat di malam hari karena beberapa diantaranya lebih aktif saat matahari terbenam.

Untuk makanannya sendiri, Porzana fusca termasuk dalam hewan omnivora atau pemakan segalanya. Pada umumnya burung air ini akan memakan bagian pucuk tanaman di sekitar tempat tinggalnya. Selain pucuk tanaman, burung air yang satu ini juga gemar memakan buah-buahan.

Tidak hanya tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan, burung ini juga tidak segan untuk memangsa serangga-serangga yang berukuran kecil. Bahkan, hewan molluska, seperti siput pun tidak luput menjadi manga burung ini. Agar mampu memangsa siput sepenuhnya, biasanya burung ini menancapkan paruhnya tepat ke cangkang siput, lalu memakan dagingnya.

Ciri-Ciri Fisik Burung Tikusan Merah

Burung tikusan merah merupakan burung dari genus Porzana yang masih berfamili dengan Rallidae. Seperti yang diketahui, burung-burung dalam keluarga Rallidae berukuran kecil hingga sedang.

Selain tubuh yang tergolong kecil, burung ini bisa diketahui dari beberapa ciri-ciri fisiknya yang lain, seperti:

  • Memiliki warna bulu merah kecokelatan, tetapi di daerah dagu berwarna putih.
  • Ukuran burung ketika beranjak dewasa tidak lebih dari 21cm.
  • Paruhnya pendek.
  • Berwarna cokelat di area mahkota dan tengkuk.
  • Daerah perut dan ekor bawah memiliki corak warna kehitaman dan juga ada garis lurus berwarna putih.
  • Iris mata dan kaki berwana merah.

Burung tikusan merah bukan termasuk burung mahal di Indonesia.

Burung tikusan merah adalah salah satu burung yang tinggal di Indonesia dan merupakan bukti kekayaan fauna Nusantara. Oleh karena itu, sudah sepantasnya jika burung ini dilindungi dari kegiatan perburuan. Dengan begitu, kekayaan fauna di Indonesia akan terus terjaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *