Fungsi paruh burung merpati

Fungsi Paruh Burung Merpati

Diposting pada

BAHASHEWAN.ID – Kalau ada yang selalu menepati janji, mungkin itu hanya merpati. Burung merpati dikenal setia dan selalu pulang walaupun sudah terbang kemana-mana. Yang paling terkenal dari merpati selain janjinya adalah paruhnya. Fungsi paruh pada burung merpati ternyata cukup banyak lho.

Berikut fungsi dari paruh burung merpati:

1. Makan dan Memilah Makanan

Merpati atau dikenal juga dengan nama pigeon, adalah burung dari family Columbidae. Terkenal dengan bentuk tubuh berisi dan paruh yang runcing dan keras.

Fungsi utama paruh burung merpati adalah untuk makan dan memilah makanan. Merpati sangat lahap makan biji-bijian dan suka dengan yang segar. Itulah alasannya ia cenderung memilah dulu makanannya.

2. Berkelahi

Ketika datang musim kawin, biasanya merpati jantan suka memikat si betina dan ini menimbulkan persaingan. Sering terjadi pertarungan antara burung jantan.

Fungsi paruh pada burung merpati pada saat perkelahian adalah alat perlawanan dan melindungi diri. Teksturnya yang kuat dan keras membuat paruh sangat efektif sebagai pertahanan burung ini.

3. Mencari Makan

Tidak ada cara lain bagi merpati untuk mencari makan selain dengan paruhnya. Paruhnya yang keras bisa digunakan untuk mencari biji-bijian di pohon, di tanah, atau juga di batang-batang kayu.

Merpati akan mematuk-matukkan paruhnya ke lokasi yang memiliki banyak persediaan makanan. Merpati juga suka makan kerikil, lho. Cocok dengan tekstur paruhnya yang keras, ya.

4. Mencari Pasangan

Salah satu fungsi unik dari paruh merpati adalah untuk mencari pasangan. Merpati hanya memiliki satu pasangan seumur hidupnya. Pencarian pasangan dalam siklus hidup merpati sangat unik dan rumit. Dimulai dari merpati jantan menganggukkan kepala ke merpati betina lalu melebarkan bulu-bulunya.

Selanjutnya, setelah saling berpandangan, si betina akan mendekat dan si jantan akan menawarkan paruhnya. Paruh betina dan jantan yang bertautan ini dikenal sebagai pigeon kiss yang terkenal itu. Ketika paruh sudah bertautan, maka artinya sepasang merpati ini sudah berjodoh dan siap untuk bereproduksi. Wah, fungsi paruh yang satu ini penting juga, ya.

5 Menyuapi Anak Burung

Merpati merupakan panutan sejati untuk urusan paternal. Mereka, terutama si betina, akan merawat, melindungi, dan memastikan anak-anaknya makan dengan benar. Paruhnya digunakan untuk menyuapi bayi-bayi merpati yang ada di sarang, setelah sebelumnya terbang mencari makan.

Kehidupan anak burung merpati sangat tergantung pada induknya. Sedangkan merpati jantan bertugas menjaga bayi dari serangan predator. The dynamic duo ini bahu membahu merawat anak-anak mereka, lho. Jadi, jangan mau kalah sama merpati nih, untuk urusan merawat anak.

Itulah tadi sederet fungsi paruh pada burung merpati. Selain untuk mencari makan dan memilah biji-bijian, ternyata paruh juga bisa digunakan untuk berkelahi dan juga berpacaran, lho. So sweet!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *