Harga burung bubut jawa

Harga Burung Bubut Jawa

Diposting pada

BAHASHEWAN.ID – Pernah dengar burung bubut? Burung ini endemik dari pulau Jawa, lho. Tergolong burung liar, harga burung bubut Jawa di pasaran rupanya beragam. Semuanya tergantung pada usia, gacor, dan ketersediaan.

Kelangkaan Membuat Harga Bubut Jawa Naik

Di pedesaan jawa dulu, burung bubut sering ditemui pada pagi hari. Burung ini memang aktif di malam sampai pagi mengeluarkan kicau yang aneh. Ia menyukai pohon tinggi yang rapat seperti rumpun bambu, mangrove, dan semak-semak belukar.

Walaupun merupakan satwa khas pulau Jawa, tapi tidak semua daerah memiliki burung ini. Hanya di daerah tertentu saja. Penduduk di daerah Blora, Randublatung, dan juga kaki Gunung Slamet menyatakan kalau pernah menemui burung ini. Namun rupanya bubut tidak pernah menetap. Mereka kerap berpindah ke jenis area yang mereka sukai.

Populasi bubut semakin turun dan menuju langka. Kelangkaan ini membuat harganya jadi mahal. Harga burung bubut bisa mencapai 400 ribu rupiah untuk yang gacor dan jinak. Hilangnya habitat karena perubahan fungsi lahan, perburuan liar, dan kepercayaan bahwa minyak dari bubut bisa menyembuhkan penyakit semakin membuat burung ini tergencet.

Daftar Harga Burung Bubut Jawa 2021

Bubut jawa

Membeli burung bubut bisa karena berbagai tujuan diantaranya untuk sekedar dipelihara atau dibudidayakan kembali. Sebenarnya, warna dari burung bubut ini cukup unik yaitu hitam legam dengan warna coklat pada bagian sayapnya.

Kicaunya yang belum jadi yaitu berat seperti suara kung kung bergelegek dan mendem. Tapi kalau sudah dilatih, gacornya akan jadi panjang dan memiliki suara yang unik. Walaupun sebagian orang menganggap suara burung bubut menyeramkan apalagi di malam hari, tapi tidak jarang yang justru tertarik.

Kisaran harga burung bubut jawa ini sangat tergantung pada usia dan kualitas gacor. Selain itu juga pada liar atau jinaknya bubut Jawa. Tabel di bawah ini adalah perkiraan harga sesuai dengan jenis, usia, dan apakah liar atau jinak.

NoJenis BurungKisaran Harga (Dalam Rupiah)
1Bubut Jawa Liar50.000
2Jenis Anakan50.000
3Burung Bubut Bakalan60.000
4Bubut Jawa Dewasa Betina250.000
5Bubut Jawa Jantan Dewasa400.000
6Bubut Jinak250.000 – 400.000

Burung bubut jantan dewasa cukup sulit didapatkan, itu sebabnya harganya mahal. Kemudian untuk yang jinak, harganya mahal karena menjinakkan bubut tidak mudah.

Selain populasi yang sudah menurun, menjinakkan burung bubut sedikit sulit. Belum lagi melatih gacornya agar panjang dan empuk. Jika ingin irit, beli saja anakan atau bakalan kemudian kembangbiakkan sendiri.

Ketahui juga harga burung lovebird hijau

Mengembangbiakkan burung bubut jawa bisa membantu populasi mereka bertambah lagi di alam liar. Tentu saja jika diiringi dengan upaya penangkaran yang serius. Kalau hanya untuk koleksi saja, justru akan menambah surut populasi mereka. Harga burung bubut jawa pun akan semakin naik lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *