Cara Menaikkan Birahi Murai Batu

5 Cara Menaikkan Birahi Murai Batu Muda Hutan

Diposting pada

BAHASHEWAN.ID – Para pencinta burung pasti sepakat jika burung Murai Batu muda hutan yang aktif gacor adalah idaman. Faktor utama burung bisa gacor adalah dengan menaikkan birahi. Untuk itu, kalian wajib tahu cara menaikkan birahi Murai Batu muda hutan agar semakin gacor.

Tidak perlu banyak basa-basi, berikut 5 tips yang bisa kalian praktikan untuk meningkatkan birahi burung Murai Batu kesayangan kalian:

Perbanyak Interaksi Antara Burung dan Pemiliknya

Salah satu cara menaikkan birahi Murai Batu jantan dan betina yang bisa kalian coba adalah dengan menggantungkannya di tempat yang agak rendah.

Selain mengatur posisi, kalian juga bisa menempatkan sangkar burung di tempat yang sering dilewati penghuni rumah, seperti dapur atau ruang tamu.

Tujuannya yaitu untuk membentuk mental burung Murai Batu muda hutan yang lebih bagus. Dengan demikian, burung tidak takut lagi dengan manusia, terutama pemiliknya.

Perhatikan Kebutuhan Extra Fooding (EF)

Pemberian extra fooding (EF) yang tepat bisa menjadi salah satu cara menaikkan birahi Murai Batu lomba.

Ada beberapa jenis extra fooding yang bisa kalian berikan, di antaranya jangkrik, kroto, ulat kandang, ulat Hongkong, kecebong, ikan Guppy, hingga cacing.

Tentu setiap spesies burung Murai Batu muda hutan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Namun, menurut beberapa pecinta burung jenis ini, pemilihan extra fooding berupa ulat kandang sangat disarankan.

Pemberiannya juga tidak boleh sembarangan, harus sesuai takaran. Misal untuk ulat kandang porsinya antara 0,5-1 sendok teh setiap hari, sebaiknya di pagi hari. Sedangkan untuk jangkrik porsinya antara 5-7 ekor di pagi hari dan 5-7 ekor di sore hari.

Kalian juga bisa memberikan multivitamin pada burung kesayangan kalian untuk menjaga kesehatannya. Selain itu, minyak ikan juga terbukti ampuh sebagai salah satu menu meningkatkan birahi Murai.

Pola pemberian extra fooding ini tentu bisa kalian atur sendiri sesuai kebutuhan burung. Jadi ketika birahi burung sudah naik, maka porsinya bisa dikurangi secara bertahap.

Hindari Memandikan Burung Terlalu Sering

Cara menaikkan birahi Murai Batu agar gacor yang selanjutnya adalah dengan mengatur jadwal mandi burung yang tepat. Proses memandikan burung jenis Murai Batu muda hutan sebaiknya 2 kali dalam seminggu.

Memandikan burung terlalu sering berisiko mengurangi birahinya. Hal ini dikarenakan adanya penurunan suhu pada burung tersebut. 

Untuk hasil yang lebih baik, lakukan penjemuran setelah proses memandikan burung. Tetapi dalam prosesnya jangan langsung menjemur burung ketika bulunya masih basah. Tunggu setengah kering terlebih dahulu untuk menghindari bulu burung menjadi keriting.

Baca juga: Settingan Agar Murai Batu Bongkar Isian Saat Lomba

Meningkatkan Durasi Penjemuran

Untuk menjaga tubuh burung Murai Batu muda tetap prima, kalian bisa meningkatkan durasi penjemuran secara berkala.

Durasi yang baik untuk menjemur burung Murai Batu muda hutan adalah 30 menit hingga 1 jam. Lakukan proses penjemuran ini setiap hari.

Proses menjemur burung sebaiknya pada pagi hari, yaitu ketika sinar matahari belum terlalu terik. Setelah menjemur burung, angin-anginkan burung terlebih dahulu agar suhunya lebih stabil. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan produksi hormon testosteron pada burung.

Selain meningkatkan durasi penjemuran, sebaiknya kalian menghindari sementara proses pengembunan. Jika kalian mengeluarkan burung ketika kondisi dingin, maka suhu tubuhnya akan ikut menurun.

Hal ini sangat berpengaruh pada birahi yang menyebabkan burung enggan gacor.

Usahakan Burung Tidak Berinteraksi dengan Burung Lain

Cara menaikkan birahi Murai Batu betina dan jantan selanjutnya adalah menghindari interaksi antara burung satu dengan yang lainnya. Maksudnya di sini, kalian bisa meletakan sangkar burung agar berjauhan dengan burung lainnya.

Cara ini sangat disarankan jika burung Murai Batu muda hutan akan diikutkan lomba.

Bagi kalian pecinta burung, pasti akan sangat bangga jika burung kesayangan kalian bisa gacor dengan riang. Untuk itu, ilmu menaikkan birahi burung menjadi salah satu poin penting yang wajib kalian pelajari.

Pelajari juga: 5 Cara Menjinakkan Murai Batu Giras dalam Sebulan

Jadi, itulah 5 cara menaikkan birahi Murai Batu muda hutan yang bisa langsung kalian praktikan di rumah. Semoga informasi ini membantu dan selamat mencoba menaikkan birahi burung kesayangan kalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *