Settingan Agar Murai Batu Bongkar Isian

Settingan Agar Murai Batu Bongkar Isian Saat Lomba

Diposting pada

BAHASHEWAN.ID – Pada kali ini kita akan bahas setingan murai batu bongkar isian. Setiap penggemar burung murai, khususnya murai batu tentu menginginkan suara yang ngotot dan bervariasi, tidak ngeban atau monoton.

Karena seperti yang kita tahu, variasi suara menjadi satu di antara unsur penting penilaian dalam perlombaan. Namun, bagaimana settingan agar murai batu bongkar isian?

Ada beberapa penyebab murai batu tidak bongkar isian. Beberapa alasan tersebut di antaranya:

  • Materi isian yang dimiliki murai batu tidaklah banyak dikarenakan kurangnya pemasteran
  • Keberanian murai batu yang masih kurang untuk tampil membongkar isian dan menyerang karena mental yang belum siap saat mengikuti lomba

Dengan melakukan settingan yang tepat, suara murai batu yang tadinya ngeban juga dapat tampil dengan berani dan bongkar isian. Bagaimana caranya agar murai batu bongkar isian? Yaitu dengan melakukan settingan setiap hari dan saat mendekati lomba.

(Harian) Settingan Agar Murai Batu Bongkar Isian

Murai Batu Punya Mental Tarung

Tak hanya saat menjelang lomba saja, setiap harinya kalian juga perlu melatih murai batu agar tampil berani dan bongkar isian. Adapun cara perawatan harian murai batu agar bisa tampil bongkar isian yaitu:

  • Setiap jam 5 pagi, embunkan murai batu dan jangan lupa berikan jangkrik yang sudah kalian potong kakinya sebanyak 5 ekor. 
  • Setelah jam 7 pagi, bawa murai batu masuk ke dalam kandang umbaran untuk berjemur dan berolahraga.
  • Saat menjemur murai batu di dalam kandang umbaran, sebaiknya jangan memberinya air minum dan voer. Ini bertujuan agar murai batu terbiasa tidak makan dan minum selama digatang dan memiliki ketahanan fisik yang bagus.
  • Setelah jam 10, keluarkan murai batu dari kandang umbaran dan masukkan ke dalam kandang harian. Setelah itu, angin-anginkan kurang lebih 30 menit.
  • Selanjutnya, mandikan murai batu di bak keramba sampai puas dan angin-anginkan kembali sampai bulunya mengering.
  • Berikan kroto segara sebanyak dua porsi sendok makan yang sudah kalian bersihkan dari semut-semutnya.
  • Pada jam 11 sampai jam 4 sore, beri murai batu kerodong dan letakkan pada tempat yang tenang. Untuk memperkaya materi isian, kalian dapat memutar suara burung melalui Mp3 player atau dekatkan murai batu dengan burung masteran, seperti lovebird, cililin, kenari, cucak jenggot, atau kapas tembak.
  • Saat jam 4 sore, buka kerodong murai batu dan kembali angin-anginkan. Jangan lupa beri jangkrik sebanyak 5 ekor.
  • Kembali kerodongkan murai batu jam setengah 6 sore untuk istirahat hingga pagi hari.

Baca juga: 7 Cara Merawat Murai Batu Rumahan Agar Gacor

Settingan Murai Batu Menjelang Lomba Agar Mau Bongkar Isian

Selain melakukan beberapa settingan setiap harinya, cara mengeluarkan isian murai batu lainnya yaitu dengan memberinya settingan khusus saat menjelang lomba. Berikut settingan khusus yang sebaiknya kalian lakukan pada murai batu menjelang lomba.

  • Berikan porsi jangkrik yang banyak, sekenyangnya tanpa batas saat menjelang H-3 lomba sampai mendekati perlombaan.
  • Beri vitamin yang khusus untuk burung kicau yang dicampurkan pada air minumnya. Banyaknya vitamin yang dilarutkan disesuaikan dengan takaran yang ada pada kemasan.
  • Menjelang H-2 lomba, burung murai batu dijemur di kandang harian, tidak lagi di kandang umbaran.
  • Mendekati H-1, pindahkan murai batu ke tempat yang tenang agar tidak mendengar suara murai batu lainnya dan terpancing untuk bertarung.
  • Pada hari H lomba, berikan jangkrik sebanyak lima ekor pagi harinya dan mandikan di bak keramba terlebih dahulu sebelum menuju arena perlombaan.
  • Jangan lupa jemur dan angin-anginkan sebentar sambil kalian berikan kroto segar dengan porsi seperti pada porsi harian.
  • Setelah sampai di lapangan, kembali berikan jangkrik sebanyak lima ekor dan tambahkan dengan cilung atau ulat bambu sebanyak satu ekor. Kalian juga bisa memberikan ulat daun pisang dengan serbuk-serbuk putih yang sudah kalian bersihkan sebanyak 1 ekor.
  • Berikan juga vitamin penggacor burung dengan takaran yang sudah tertera pada kemasan. Campurkan vitamin ini pada air minumnya.

Penutup

Membuat burung murai batu lebih berani dan mau bongkar isian bukanlah sesuatu yang mudah. Kamu harus mau melatihnya setiap hari, tidak hanya saat mengikuti lomba saja.

Baca juga: Tips Agar Murai Batu Punya Mental Tarung

Nah, itulah tadi beberapa settingan agar murai batu bongkar isian. Jika kalian sebelumnya pernah melakukan beberapa cara di atas, bagikan pengalaman kalian di kolom komentar, ya! Mari kita sharing bersama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *