Cara Merawat Murai Batu Rumahan Agar Gacor

7 Cara Merawat Murai Batu Rumahan Agar Gacor

Diposting pada

BAHASHEWAN.ID – Ingin burung Murai Batu cepat gacor? Kuncinya ada dalam cara merawat burung Murai Batu rumahan kalian. Menginginkan burung gacor tapi tidak merawat dengan maksimal maka hasilnya tidak maksimal juga.

Oleh karena itu, perlunya kalian mengetahui cara dan tips agar suara burung Murai Batu gacor. 

Burung juga selayaknya manusia. Selain fisik, keadaan psikologisnya juga harus diurus. Sebab, saat burung Murai Batu stress bisa berdampak ke organ dalam tubuh sehingga tidak bisa atau mengeluarkan suara kicau.

Jadi, bagaimana cara merawat Murai Batu agar gacor? Setiap burung mempunyai karakter dan kondisi yang berbeda. Sehingga ‘si empunya’ harus mengenal mereka karena perawatannya tidak bisa sama.

Cara Merawat Murai Batu Rumahan Agar Gacor

Murai Batu Punya Mental Tarung

Berikut hal-hal yang bisa kalian lakukan dalam perawatan Murai Batu rumahan agar gacor:

  1. Mengenai Karakter Burung Murai Batu Rumahan

Pertama-tama setelah kalian membeli atau mulai merawatnya adalah mengenal dan berteman dengan mereka agar burung Murai Batu rumahan kalian gacor. Lewat perkenalan kalian juga bisa mengetahui karakter burung Murai Batu yang kalian miliki.

Lakukan trial and error untuk merawat burung Murai Batu kalian. Beri perawatan harian Murai Batu agar gacor yang berbeda setiap hari sampai menemukan cara terbaik dan cocok untuk burung Murai Batu kalian di rumah.

Dengan selalu mencoba cara perawatan baru, kalian dapat mengenal karakter burung Murai kalian dan mendapatkan perawatan yang tepat. Melakukan trial and error di sini bukan bentuk cara yang berbahaya. 

Carilah cara yang wajar, karena pada dasarnya tiap burung jika mendapat perhatian dan perawatan khusus jadi mudah patuh dan gacor.

Baca juga: Harga Murai Batu Trotol Umur 2 Bulan

  1. Memberikan Pakan yang Berprotein dan Cocok

Beberapa burung Murai Batu memang tidak bisa makan dengan pakan sembarangan. Pilihlah merk voer yang mengandung nutrisi untuk burung.

Terkadang juga saat kalian sudah membeli pakan yang mahal. Burung Murai Batu tidak memakan atau memakannya hanya sedikit. Pakan yang bagus adalah pakan yang bisa membuat burung gacor.

Kalian bisa melakukan inovasi dengan mencampur varian voer dari berbagai merek untuk mendapatkan voer terbaik dengan ukuran tertentu. Perhatikan juga karakter dan kemauan burung Murai Batu yang kalian punya.

Beberapa pecinta burung menggunakan voer Gold 35 karena memberikan pakan tersebut merupakan salah satu cara membuat trotol burung Murai rajin bunyi atau gacor

Karena mengandung protein yang bagus, rasanya enak, nutrisi yang terkandung seimbang, membuat trotol cepat mendapatkan energi dan kekuatan, serta meningkatkan metabolisme khususnya burung Murai Batu yang masih bertumbuh.

  1. Memberi Extra Feeding (EF) dengan Rutin

Selain memberikan voer yang bergizi. Burung Murai Batu juga perlu makanan Murai Batu agar cepat gacor seperti serangga, mengingat habitatnya di hutan dan memakan makanan alami. 

Sebagai pemakan serangga, kalian harus menyediakan pakan berupa jangkrik, belalang, kroto, dan lain sebagainya untuk burung Murai Batu.

Harus diberikan rutin setiap hari agar burung cepat berkicau nyaring. Pemberian pakan tambahan bisa sekali hingga tiga kali sehari.

Extra feeding jangkrik terbilang sangat bagus untuk burung Murai Batu agar burung cepat gacor.

  1. Menjemur Burung Murai Batu Rutin Setiap Hari

Jemur burung Murai Batu setiap hari agar burung sehat dan terjauh dari penyakit. Berjemur dapat meningkatkan frekuensi bunyi kicauan. Selain itu, dapat meningkatkan produksi vitamin D bagi burung.

Waktu yang baik untuk berjemur adalah jam 7 sampai 10 pagi dan 12 sampai jam 2 siang.

  1. Mengatur Waktu Mandi

Mengatur pola mandi ini harus diperhatikan, mandi yang teratur merupakan perawatan Murai Batu rumahan agar gacor.

Waktu mandi burung Murai Batu tergantung pada watak burung. Memandikan burung yang tepat merupakan bentuk terapi psikologis serta dapat membuat burung lincah dan gacor.

  1. Pengembunan

Jika burung Murai Batu yang kalian miliki mengalami stres dan malas bersuara, maka pengembunan bisa menjadi cara yang tepat.

Yaitu dengan cara mengeluarkan burung di waktu subuh. Suasana dan suhu pagi hari sangat disukai burung berkicau. Kalian bisa melakukannya sekali-kali meskipun burung tidak stres.

Baca juga: Tips Agar Murai Batu Punya Mental Tarung

  1. Pengumbaran

Pengumbaran biasa hanya untuk burung Murai Batu yang akan berlomba agar tubuhnya lebih sehat dan suaranya nyaring. Namun, kalian bisa mencoba untuk burung Murai Batu rumahan jika ingin burung Murai makin gacor.

Pengumbaran burung yaitu memindahkan burung ke kandang umbaran agar burung dapat terbang bebas ke sana – sini. Demikian cara merawat Murai Batu rumahan agar gacor yang bisa kalian coba terapkan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *