Harga Murai Batu Trotol umur 2 bulan

Harga Murai Batu Trotol Umur 2 Bulan

Diposting pada

Harga Murai Batu Trotol umur 2 bulan – Minat pada burung Murai memang tinggi di Indonesia untuk mengoleksi atau pecinta burung kicau.

Bulunya indah dengan campuran warna hitam, putih, dan oranye. Ekornya panjang serta memiliki kicauan yang merdu dan panjang sudah tidak diragukan lagi. 

Karena itulah burung Murai, baik burung Murai Batu Trotol ataupun berbagai jenis Murai lainnya memang kerap menjadi incaran bagi kalian pecinta burung Murai.

Harga Murai Batu Trotol Umur 2 Bulan

Ciri Murai Batu Trotol Umur 2 Bulan

Berikut harga harga berbagai jenis burung Murai Batu di Indonesia tahun 2021:

  1. Murai Batu Medan

Murai Batu Medan sekarang kebanyakan bukan asli dari Medan. Melainkan dari berbagai daerah, seperti Nanggroe Aceh Darussalam, Padang, Pasaman, dan Malaysia.

Habitat dan spesies asli Murai Batu Medan semakin berkurang. Sehingga Murai Batu Medan yang tersebar di pasaran bukankah Murai Batu Medan asli, tetapi hasil kawin silang dengan Murai-Murai Batu di sekitar daerah di atas.

Apa yang membuat burung Murai Batu Medan menarik? Pertama, bentuk badannya lebih besar dibandingkan burung Murai Batu lain. Warnanya hitam mengkilat. Apalagi saat sinar matahari menyinari bulunya. Muncul warna kebiruan.

Burung Murai Batu Medan memiliki kaki berwarna merah kehitaman. Namun, untuk anakan Murai Batu Medan masih muda warnanya hitam. Bulu ekornya sekitar 4 pasang berwarna putih dan memiliki garis hitam secara horizontal dan panjangnya sampai 27-30 cm.

Saat berkicau, ekor burung Murai Batu Medan bisa berdiri tegak hingga menyentuh bagian kepalanya.

Murai batu Medan Trotol jantan dan betina umur 2 bulan kisaran Rp 1.000.000 sampai Rp 1.500.000. Jika kalian jeli dan mendapatkan toko yang bagus, kalian bisa mendapatkannya dengan harga murah, sekitar Rp 800.000.

Baca juga: 7 Ciri Murai Batu Trotol Umur 2 Bulan (Jantan & Betina)

  1. Murai Batu Lampung

Seperti halnya burung Murai Batu Medan, burung Murai Batu Lampung juga sudah susah ditemukan di habitatnya.

Murai Batu Lampung yang kalian temukan kebanyakan berasal dari Riau, Jambi, dan Kota Agung.

Ciri fisik Murai Batu Lampung terlihat jelas dari badannya yang lebih kecil daripada Murai Batu Medan. Panjang ekornya hanya mencapai kisaran 12 hingga 18 cm. Dada Murai Batu Lampung berbulu jingga kecoklat-coklatan.

Jika bersanding dengan burung Murai Batu Kalimantan, warna burung Murai Batu Lampung lebih hitam gelap. Mental burung Murai Batu Lampung terbilang bagus karena sangat tegas, lincah, dan kuat.

Suara kicau kurang variasi, mengulang terus menerus atau disebut ngeban.

Harga burung Murai Batu Lampung Trotol umur 2 bulan baik jantan dan betina di angka Rp 500.000 – Rp 800.000.

  1. Murai Batu Kalimantan atau Borneo

Burung Murai Batu asal Kalimantan terbagi menjadi tiga jenis, yakni Murai Batu Palangka, Banjar, serta Batu Mahkota. Ketiga jenis burung tersebut spesiesnya melimpah.

Ciri-ciri Murai Batu Kalimantan atau Borneo antara lain, berwarna coklat terang pada bagian dada burung. Semakin terang warna dada maka semakin baik mentalnya saat berada di gantangan.

Warna kakinya coklat kehitam-hitaman ataupun coklat kemerah-merahan. Ada pula yang kakinya berwarna kekuning-kuningan, namun burung tersebut mentalnya kurang bagus.

Panjang ekor kira-kira 10 hingga 13 cm. Bentuk kepalanya kebanyakan seperti kotak atau rata. Tidak bulat seperti Murai Batu lain. Sorotan mata tajam dan tegas agak melotot.

Kicau burung Murai Batu Kalimantan baik, secara terus-menerus atau bahasa lainnya ngedur. Kicauannya juga bervariasi. Tips memilih Murai Batu Kalimantan bersuara keras yaitu pilih burung yang berkicau dengan melebarkan paruh. Leher burung harus besar dan kuat.

Harga burung Murai Batu Kalimantan Trotol umur 2 bulan murah karena kebanyakan Murai Batu asal Borneo kembung dengan ciri dada menonjol.

Baca juga: Tips Agar Murai Batu Punya Mental Tarung

Untuk harganya antara lain Murai Batu Kalimantan jantan dan betina kembung harga kisaran Rp 150.000 hingga Rp 400.000 per ekor. Murai Batu Palangka paling murah, bisa Rp 300.000 sampai Rp 400.000 per ekor jantan maupun betina.

Harga Murai Batu Trotol umur 2 bulan dapat kalian beli dengan harga mahal atau murah tergantung lokasi pembelian. Pintar-pintarlah mencari dan merawatnya agar burung Murai Batu gacor. Sampai bertemu di artikel selanjutnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *