Ciri Murai Batu Trotol Umur 2 Bulan

7 Ciri Murai Batu Trotol Umur 2 Bulan (Jantan & Betina)

Diposting pada

Ciri Murai Batu Trotol Umur 2 Bulan – Burung Murai Batu menjadi salah satu burung yang ikut dalam lomba burung berkicau.

Saat trotol atau anakan burung Murai Batu masih berusia 2 bulan adalah waktu yang tepat untuk mengetahui burung Murai Batu yang kalian miliki itu burung jantan atau burung betina.

Karena burung Murai Batu yang kalian sejak peliharaan dari kecil lebih mantap kalian latih dengan suara yang kalian mau.

Di kalangan pecinta burung kicau, Trotol burung Murai Batu menjadi salah satu incaran dan paling banyak peminatnya. Terutama anakan Murai Batu jantan.

Oleh karena itu, untuk mengetahui jenis kelamin, tujuannya penggunaan Murai Batu sebagai lomba atau peliharaan di rumah, dan lain sebagainya. Kalian harus tahu ciri fisiknya dulu. Berikut ciri burung batu trotol jantan dan betina umur 2 bulan.

Ciri Burung Murai Jantan dan Betina Usia 2 Bulan

Murai Batu Punya Mental Tarung

Burung Murai Batu baik jantan maupun betina mempunyai warna nyaris sama. Sehingga, dapat mengecoh pembelinya.

Saat memasuki umur 2 bulan, bulu di punggung Murai Batu mulai berwarna hitam legam. Tingkah laku Murai Batu jantan lebih lincah dibandingkan Murai Batu betina. Mereka mulai belajar berkicau dengan lantang dan suka loncat-loncat.

Sedikit tips, di umur 2 bulan kalian bisa memindahkan Murai Batu ke sangkar yang lebih besar agar Murai Batu lebih berani.

  1. Bentuk Kepala

Burung Murai Batu jantan bentuk kepalanya lebih besar. Bulu di kepala sedikit dan nampak cepak atau datar.

Sedangkan Murai Batu betina bentuk kepalanya lebih kecil dan tampak bulat dibanding Murai Batu jantan.

  1. Mata

Ciri mata burung Murai Batu jantan di bagian matanya adalah sorotan mata lebih panjang. Bentuk matanya pun lebih besar.

Untuk Murai Batu betina, sorot matanya biasa saja. Tidak ada yang istimewa. Bentuk matanya juga tergolong lebih kecil.

Untuk lebih detailnya, kalian bisa melihat garis matanya juga. Murai batu jantan garis matanya tebal dan tega. Dibandingkan Murai Batu betina yang garis matanya lebih tipis serta ada sedikit alis yang berwarna oranye.

Bagian bawah mata trotol Murai betina terdapat bulu dengan totol-totol warna jingga. Sedangkan, ciri anakan Murai Batu jantan di bagian bawah mata, totol di bulunya samar.

Baca juga: Tips Agar Murai Batu Punya Mental Tarung

  1. Paruh

Bentuk paruh pada trotol Murai jantan umur 2 bulan jika dilihat dari atas atau dari samping bentuk dan ukurannya yakni tebal dan lebar. 

Untuk anakan 2 bulan Murai Batu betina, bentuk dan ukurannya lebih langsing atau kecil.

  1. Bulu

Bulu badan anakan Murai Batu jantan warnanya lebih hitam legam jika bersanding dengan Murai Batu betina. Bulunya juga terlihat mengkilat.

Di bagian leher, bulunya membentuk garis. Terdapat bintik-bintik yang tegas di bagian dada. Bulu di bagian sayap dan dada burung Murai jantan warnanya coklat. 

Sedangkan, bulu trotol Murai Batu betina warnanya lebih cenderung ke abu-abuan. Warna bulu di badannya juga terlihat kusam dan tidak tegas.

Pada bagian dada Murai Batu betina, warna bulu putih dan ada sedikit coklat yang keduanya seperti tercampur.

  1. Kaki

Perbedaan Murai jantan dan betina anakan. Kaki trotol Murai Batu jantan lebih besar dan cenderung ke arah pendek. Murai batu betina bentuk kakinya lebih kecil dan nampak lentik.

  1. Ekor

Burung Murai Batu jantan ekornya memiliki kerapatan bulu yang rapat. Dibandingkan Murai Batu betina burung jantan juga memiliki ekor yang lebih panjang. Ukuran panjang ekor anakan Murai Batu jantan umur 2 bulan yaitu sekitar 2 cm.

Sementara itu, bentuk ekor burung Murai Batu betina lebih mengembang seperti Murai betina dewasa. Ukuran panjang ekor lebih pendek dari Murai Batu jantan.

  1. Suara

Ini dia ciri yang paling pecinta burung Murai Batu tunggu, yaitu ciri suara. Perlu perhatikan baik-baik. Ciri suara trotol Murai jantan adalah keras dan tebal. Crack suaranya double. Mentalnya bagus. Sedangkan burung Murai betina jarang mengeluarkan suara. 

Sebelum membeli trotol burung Murai Batu hendaknya lebih teliti. Cari pembeli yang memberi jaminan jika trotol burung Murai Batu jantan dan betina. Jika salah beli, saat mulai besar bisa diganti.

Beri makanan yang berprotein tinggi agar trotol burung Murai lebih sehat dan siap bertanding. Begitulah ciri Murai Batu trotol umur 2 bulan. Sampai bertemu di artikel selanjutnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *