Ikan Kolam Yang Tidak Mudah Mati

5 Jenis Ikan Kolam Yang Tidak Mudah Mati

Diposting pada

BAHASHEWAN.ID – Apa saja jenis ikan kolam yang tidak mudah mati yang cocok di pelihara untuk pemula? Dibawah ini rekomendasinya.

Sama seperti merawat binatang lain, merawat ikan juga bukan hal yang sulit tapi tentu bukan hal yang gampang. Kesalahan dalam pemeliharaan bisa membuat hewan golongan pisces ini stress dan akhirnya cepat mati.

Hal ini sering terjadi pada ikan kolam, yang lebih sulit untuk dipelihara. Meskipun demikian, ada beberapa spesies ikan kolam yang tidak mudah mati dan tangguh, sehingga daya hidupnya lebih tinggi.

Jenis Ikan Kolam yang Tidak Mudah Mati

Bagi seorang pemula yang penasaran terhadap ikan kolam, pemilihan spesies ikan menjadi langkah awal yang krusial. Agar peluang sukses dalam memelihara ikan kolam lebih tinggi, ikan tangguh yang berdaya hidup tinggi merupakan pilihan terbaik.

1. Ikan Koi

Cara Memilih Ikan Koi yang Bagus

Siapa yang tidak pernah mendengar tentang ikan koi?. Diantara ikan kolam lain, koi bisa dikatakan sebagai primadona ikan kolam.

Kebanyakan pecinta ikan memilih ikan ini sebagai peliharaan. Perawatannya yang tidak terlalu sulit menjadi salah satu faktor banyaknya ikan ini dipelihara.

Baca juga: Harga Ikan Koi Lokal Kecil Terbaru

Ikan koi termasuk dalam ikan kolam yang tangguh mengingat ikan ini bisa hidup lebih dari 20 tahun. Yang terpenting dalam memelihara koi agar berumur panjang yakni menjaga kolam agar tidak terlalu padat dan terkontaminasi limbah kimiawi. Untuk pakannya sendiri, ikan koi tidak memerlukan pakan khusus.

2. Bala Shark

Bala Shark

Ikan kolam lainnya yang bersifat tangguh adalah ikan bala shark. Tidak seperti namanya, bala shark berukuran cukup mini, yakni sekitar 30cm. Penyematan nama hiu pada ikan ini dikarenakan siripnya yang lancip layaknya ikan hiu.

Pemeliharaan ikan bala shark tidak terlalu sulit. Ikan ini hanya perlu dirawat di kolam dengan air bersuhu normal. Ketika diletakan di kolam, ikan ini akan memangsa fitoplankton dan juga serangga kecil, sehingga pemelihara tidak perlu terlalu memusingkan pakan ikan ini.

Namun, apabila ingin memberi pakan, maka berikan ikan ini krustasea kecil, pelet, bayam, ataupun potongan buah.

3. Ikan Kumpai

Ikan Kumpai

Daftar ikan kolam yang tidak mudah mati selanjutnya adalah ikan kumpai. Umumnya ikan kumpai memiliki bersar sekitar 60 hingga 80cm.

Sekilas ikan kumpai memiliki rupa yang mirip dengan ikan koi. Hanya saja ikan kumpai terlihat lebih ramping dan pucat. Kemiripan tersebut bukan hal yang aneh mengingat dua ikan ini memang sejenis.

Oleh karena itu, ikan kumpai bisa dipelihara bersama ikan koi dalam satu kolam. Sama seperti ikan koi, kolam yang menjadi tempat tinggal ikan kumpai harus memiliki air yang jernih dan sehat. Dengan begitu, ikan bisa tumbuh sehat dan berumur panjang.

4. Ikan Hias Palmas

Ikan palmas

Ikan palmas mudah dikenali dari siripnya yang berjumlah banyak dan warnanya yang putih kekuningan.

Ikan naga adalah nama lain dari ikan palmas yang didapat berkat banyaknya jumlah sirip yang membuatnya menyerupai naga. Berasal dari Afrika, di Indonesia ikan ini termasuk dalam spesies yang langka.

Ketangguhan ikan palmas sudah tidak diragukan lagi karena ikan ini bisa hidup beberapa menit tanpa adanya air. Jadi, jika suatu saat kolam surut, setidaknya ikan ini bisa bertahan lebih lama dibandingkan ikan lainnya.

Baca juga: Cara Memelihara Ikan Nemo Agar Tidak Gampang Mati

5. Ikan Platy Swordtail

Platy Swordtail

Bagi pemula, memelihara ikan paty swordtail adalah pilihan terbaik. Hal ini dikarenakan mudahnya memelihara ikan ini.

Tidak diperlukan keahlian dan teknik khusus untuk memelihara ikan ini. Selain itu lingkungan hidup ikan ini juga tidak membutuhkan perhatian khusus.

Ikan swordtail bisa hidup, baik di air hangat maupun dingin. Pemberian pakan pun bisa dibilang mudah karena ikan ini bisa memakan serangga ataupun sayur. Hanya saja mengingat ukurannya yang mini, sebaiknya pemeliharaan ikan dilakukan di kolam kecil.

Dalam memelihara ikan kolam, terutama bagi pemula, pemilihan ikan menjadi hal yang paling penting. Hal ini dikarenakan ada beberapa spesies yang membutuhkan perhatian khusus. Jadi, lebih baik pilih ikan kolam yang tidak mudah mati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *