Cara Memelihara Ikan Nemo

Cara Memelihara Ikan Nemo Agar Tidak Gampang Mati

Diposting pada

BAHASHEWAN.ID – Cara memelihara ikan nemo tidak jauh berbeda dengan ikan hias pada umumnya. Merawat ikan nemo di dalam akuarium tentu harus diperhatikan seperti air, suhu, akuarium, dan pakannya.

Membicarakan tentang ikan nemo, mengingatkan pada tokoh seekor ikan pencari ayahnya dalam sebuah film terkenal berjudul Finding Nemo.

Ikan yang memiliki tiga kombinasi warna orannye, putih, dan hitam berpola garis di sekujur tubuhnya ini sangat menggemaskan. Kegemasan ini lantas membuakan pertanyaan dalam benak, tentang bagaimana cara memelihara ikan nemo dalam aquarium?

Perlu untuk kamu ketahui bahwa meski tampilannya sangat menggemaskan, ikan nemo cenderung lebih sulit untuk dipelihara, apalagi dalam aquarium.

Cara Memelihara Ikan Nemo

Kamu perlu memberi perlakuan khusus, agar ikan nemo tidak stress dan dapat bertahan hidup lebih lama. Beberapa perlakuan khusus ini sangat penting untuk kamu pahami dengan cermat, di antaranya adalah sebagai berikut:  

1. Pilih Aquarium yang Sesuai

Seekor ikan layaknya ikan nemo memerlukan tempat tinggal yang sesuai agar bisa bertahan hidup lebih lama.

Karena itulah, cara memelihara ikan nemo yang pertama harus kamu lakukan adalah menyiapkan tempat tinggal berupa aquarium yang sesuai ukuranya.

Pemilihan  ukuran ini sangat penting dipahami, agar ikan tidak merasa stress setelah dipindahkan. 

Umumnya, ikan menggemaskan ini dapat bertahan hidup hingga mencapai ukuran 15 cm, dan bahkan mungkin lebih dari itu. Terbilang cukup besar, jika kamu bandingkan dengan jenis ikan peliharaan yang lain, khususnya ikan tawar.

Oleh karena itu, pemilihan ukuran aquarium yang besar sangat disarankan agar ikan dapat berenang dan bermain dengan lebih leluasa. 

Baca juga: Aksesoris aquarium ikan hias

2. Gunakan Air Laut

Tidak kalah penting untuk dijadikan catatan terkait cara memelihara ikan nemo adalah habitat asalnya di perairan laut.

Jadi, karena berasal dari lautan, sudah seharusnya air yang digunakan pada aquarium adalah air laut. Terutama, hal ini akan lebih baik lagi jika selalu memperhatikan kualitas air laut yang diberikan agar pertumbuhan ikan optimal. 

3. Atur Suhu Layaknya Habitat Asal

Setelah memberikan air laut yang berkualitas, hal yang tidak kalah penting untuk kamu lakukan adalah mengatur tingkat suhu agar sesuai.

Idealnya, seekor ikan nemo dapat hidup dengan baik di perairan laut yang memiliki suhu antara 24-27 derajat celcius. Saat kebutuhan suhu ini dipenuhi, maka ikan pun akan berenang bebas dan nyaman dalam aquarium. 

4. Tambahkan Penunjang

Hidup sebatang kara tidak hanya menyedihkan bagi para manusia saja, ikan nemo pun bisa stress jika kamu biarkan berenang di aquarium sendirian.

Sama seperti kamu, ikan nemo sangat suka bersosialisasi dengan teman ikan yang lainnya. Karena itu sebaiknya, saat kamu memelihara ikan nemo, minimal sepasang agar ikan tidak merasa kesepian tinggal sendirian.

Sosialisasi yang dilakukan oleh ikan nemo tidak hanya pada jenisnya sendiri, tapi juga makhluk lain layaknya ikan dan anemon.

Melengkapi aquarium dengan penunjang ikan dan anemon bisa menjadi alternatif yang bisa dipilih untuk teman nemo. Tapi kamu harus waspada, pastikan anemon dan ikan yang dipilih tidak membahayakan si nemonya. 

5. Beri Makan Secukupnya

Kabar baiknya adalah nemo ini merupakan jenis ikan omnivora atau pemakan segala sehingga tidak terlalu susah pakannya.

Banyak pakan alternatif yang dijual di tempat penjualan pakan ikan yang bisa kamu beli untuk diberikan pada nemo kesayangan. Namun, saat memberi makanan ini cukup dua hingga tiga kali sehari dengan porsi secukupnya saja. 

Sebagai pelengkap, kamu juga bisa menambahkan aneka batu koral untuk membuat suasana di aquarium terasa lebih natural.

Baca juga: Tips merawat ikan cupang soft gold

Hingga akhirnya, dengan mengatur sirkulasi udara pada aquarium, kamu telah selesai membaca cara memelihara ikan nemo ini.

Sekarang, adalah saat yang tepat bagi kamu untuk membeli dan memelihara ikan nemo kesayangan. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *