Ikan cupang soft gold

Tips Merawat Ikan Cupang Soft Gold

Diposting pada

BAHASHEWAN.ID – Akhir-akhir ini, ikan cupang soft gold kembali menjadi bahan perbincangan. Ikan kecil bercorak cantik ini memang telah lama menjadi primadona banyak orang.

Namun, tidak dapat dipungkiri jika popularitas ikan cupang meningkat tajam ketika pandemi berlangsung. Ikan cupang sendiri terdiri dari berbagai jenis. Salah satu yang paling terkenal adalah ikan cupang soft gold.

Kepopuleran ikan cupang membuat banyak orang ingin memeliharanya. Hal yang sama berlaku untuk ikan cupang soft gold. Hanya saja, tidak banyak orang yang paham, bagaimana memelihara ikan cupang ini dengan benar.

Tips Merawat Ikan Cupang Soft Gold

Nah, di bawah ini merupakan cara memelihara ikan cupang soft gold agar berumur panjang:

1. Pastikan Asupan Gizi Terpenuhi

Makanan ikan cupang

Pemberian makanan yang sesuai merupakan kunci dari ikan cupang soft gold yang indah dan berumur panjang. Beri makan ikan sesuai dengan kebutuhannya.

Untuk pakannya sendiri, terdapat dua jenis yang bisa diberikan yakni pakan alami dan buatan. Masing-masing jenis pakan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Untuk pakan alami, udang dan ulat sutera merupakan jenis pakan yang terbaik. Udang yang kaya akan protein akan membuat warna ikan cupang muncul lebih cepat. Sementara itu, ulat sutera biasanya diberikan jika ingin ikan cepat besar.

Sedangkan untuk pakan buatan, biasanya akan disesuaikan dengan kebutuhan ikan. Saat ini ada beberapa jenis pakan buatan yang bisa dipilih. Hanya saja jika ikan diberi pakan buatan, pastikan jumlahnya tidak terlalu banyak.

2. Tambahkan Daun Ketapang

Agar pH air selalu berada dalam kondisi normal, sebaiknya tambahkan daun ketapang pada akuarium. Selain membantu menjaga kadar pH, daun ketapang juga bisa membantu mempercepat penyembuhan luka jika ikan terluka. Hal ini disebabkan adanya kandungan antibiotik alami yang terdapat di daun ketapang.

Jangan lupa untuk memilih daun ketapang yang bagus agar perlindungan terhadap ikan lebih maksimal. Biasanya daun berkualitas tinggi ditemukan di daerah pesisir pantai.

3. Perhatikan Kondisi Air

Air merupakan faktor esensial dalam memelihara ikan cupang soft gold. Kualitas dan kuantitas air perlu diperhatikan jika tidak ingin ikan cepat mati.

Sebisa mungkin buat lingkungan yang serupa dengan habitat asli ikan, yakni dengan menggunakan air sumur. Jika tidak memungkinkan, air PDAM pun bisa digunakan.

Selain jenis air, kebersihan air pun juga perlu diamati. Ikan cupang bisa cepat mati jika air kotor dan terjadi perubahan pH. Maka dari itu, penting bagi pemelihara untuk mengganti air di wadah tiap dua hari sekali.

Penggantian air ini tidak hanya untuk menjaga kualitas air, tetapi juga supaya kuantitas air tetap cukup. Kekuarangan air pada ikan cupang bisa membuatnya cepat mati.

4. Menggunakan Wadah yang Sesuai

Ikan cupang soft gold merupakan ikan yang berukuran kecil. Maka dari itu, ikan ini tidak membutuhkan wadah yang terlalu besar. Pada dasarnya ikan ini bisa ditempatkan dimana saja.

Namun, alangkah baiknya jika wadah ikan cupang berukuran sedang atau sesuai dengan ukuran ikan, dan juga ditempatkan di lokasi yang minim sinar matahari.

Inspirasi wadahnya bisa baca di artikel botol untuk ikan cupang yang tepat

Memelihara ikan cupang soft gold bukanlah hal yang terlampau sulit. Tidak dibutuhkan keahlian khusus dan ketelatenan yang terlampau untuk memelihara ikan ini.

Hanya dengan memperhatikan hal-hal yang penting, ikan cupang bisa tumbuh dengan sehat dan juga berumur panjang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *