Botol untuk ikan cupang

Jenis & Ukuran Botol untuk Ikan Cupang

Diposting pada

BAHASHEWAN.ID – Botol untuk ikan cupang yang cocok seperti apa? Apakah wadah untuk ikan cupang pakai botol plastik bekas diperbolehkan? Yuk, simak ulasan berikut.

Ikan cupang (betta fish) adalah hewan peliharaan rumahan yang bisa dikatakan cukup low maintenance. Bahkan, membesarkan ikan ini bisa dilakukan di dalam botol.

Tentunya botol untung ikan cupang memerlukan spesifikasi tertentu agar dapat menjadi habitat yang baik untuk ikan tersebut. Persiapannya menjadi tugas yang harus dilaksanakan sebelum mulai merawat ikan.

Jenis Botol Ikan Cupang yang Tepat

Desain botol ikan cupang

Tugas pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih jenis botol yang sesuai untuk ikan cupang. Biasanya, botol yang digunakan untuk memelihara ikan cupang adalah botol kaca dan juga botol plastik.

Banyak yang mengatakan botol kaca akan lebih baik, namun mungkin bahan botol tersebut tidak sesuai dengan kamu. 

Botol kaca memiliki karakteristiknya sendiri. Dibandingkan dengan botol plastik, tentunya botol berbahan kaca lebih berat sehingga mampu berdiri kokoh.

Kejernihan warnanya juga bersifat konstan karena botol plastik dapat menguning. Meskipun begitu, botol ini susah untuk dimodifikasi sehingga kamu hanya dapat menggunakan bentuk aslinya saja.

Menggunakan botol berbahan plastik untuk membesarkan ikan ini memiliki kelebihan yaitu beratnya yang cukup ringan. Botol plastik juga cenderung lebih mudah dibentuk sesuai dengan keinginan kamu.

Ditambah lagi, harganya cukup murah. Kelemahan dari botol plastik adalah tidak awet digunakan karena seiring berjalannya waktu permukaannya akan menguning.

Ukuran dan Bentuk Botol untuk Ikan Cupang

Botol untuk ikan cupang ternyata juga harus memiliki ukuran tertentu agar ikan mampu bergerak dengan leluasa.

Ikan yang terkungkung di dalam sebuah habitat sempit biasanya akan mengalami stres dan bisa berujung fatal. Seekor ikan cupang akan memiliki ukuran diameter tubuh maksimal 7 cm. 

Ukuran botol yang perlu digunakan harus dapat mengakomodasi ukuran maksimal tersebut. Dijelaskan bahwa botol setidaknya harus memiliki diameter 20 cm dengan tinggi minimal juga 20 cm. Apabila kamu dapat menemukan botol dengan ukuran lebih besar dari itu, sangat disarankan untuk menggunakannya.

Hal terpenting adalah memaksimalkan luas permukaan air karena hal ini akan membuat kadar oksigen air di dalam botol menjadi optimal.

Berikut inspirasi desain botol untuk ikan cupang:

botol ikan cupang
ide botol untuk ikan cupang
Botol untuk ikan cupang yang tepat

Satu caranya adalah memposisikan botol secara horizontal dan memotong sisi botol yang menghadap ke atas. Botol perlu diganjal dengan suatu penahan agar tidak mudah menggelinding. 

Selain memikirkan bentuk dan ukuran botol, isi dari botol tersebut juga harus kamu persiapkan dengan baik. Disarankan untuk memberikan lapisan kerikil setinggi 2 cm pada dasar botol.

Air dalam botol juga disarankan untuk diisi hingga dua per tiga tinggi botol. Kamu dapat menggunakan air keran yang sudah dipastikan kebersihannya.

Buat yang sedang merantau, ikan cupang termasuk hewan yang cocok dipelihara di kos-kosan loh.

Banyak orang membesarkan ikan cupang di habitat botol. Meskipun terlihat mudah, ternyata ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait penggunaan botol untuk ikan cupang. Kamu harus memikirkan jenis bahan, ukuran, serta bentuk botol. Dengan membuat habitat yang nyaman, ikan peliharaan akan tumbuh secara optimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *