Murai Batu Punya Mental Tarung

Tips Agar Murai Batu Punya Mental Tarung

Diposting pada

Giliran di kandangnya sendiri, Murai Batu kicaunya mantap. Eh pas tanding, kok malah mengecewakan. 

Kalau kamu punya Murai Batu dengan masalah seperti itu, coba aplikasikan tips agar Murai Batu punya mental tarung berikut ini.

Mudah-mudahan kalau sudah dilatih, Murai Batu kamu bisa berkicau dengan lantang dan mantap. Baik saat di rumah, maupun saat ada di arena.

Agar Murai Batu Punya Mental Tarung

Lakukan tips berikut ini supaya burung murai batu punya mental tarung:

  1. Kasih angin dan mandi setiap hari

Tiap hari, kamu bisa ajak Murai Batu keluar agar angin segar jadi santapan hariannya. Supaya nggak kemalingan, cukup simpan saja di halaman rumah. Habis itu, kamu bisa memandikannya di dalam keramba atau cukup pakai spray.

  1. Jaga kebersihan kandang

Tak kalah sederhana, kamu juga jangan sampai lupa membuat lingkungan kandang Murai Batu tetap bersih.

Rutinlah membuang kotorannya agar jangan sampai menumpuk. Cara mengatasi Murai Batu kurang mental ini harus terus kamu lakukan.

Baca juga: Harga kandang burung kecil

  1. Beri makanan dan minuman segar

Ini bukan berarti kamu harus kasih minum energy drink supaya jos. Maksudnya, ganti pakan dan minumannya dengan yang baru, jika kamu pikir itu sudah terlalu lama dan tidak fresh lagi.

  1.  Memberikan suplemen tambahan bagi burung

Selain pakan reguler yang biasa kamu kasih, kamu bisa optimalkan dengan asupan lainnya yang kamu berikan tak setiap hari. Misalnya:

  • Kasih pakan kroto segar kira kira 2 kali setiap minggunya.
  • Kasih vitamin tambahan 3 kali seminggu. Bisa kamu campur dalam pakan atau minuman Murai Batu. Beli di tempat pakan biasanya ada.

Dengan tambahan asupan ini, Murai Batu milikmu bisa lebih kuat mentalnya.

  1. Kasih latihan buka tutup kerodong

Tips yang satu ini nggak mesti tiap hari. Namun, kamu bisa melakukannya 5 hingga 8 kali hingga hasilnya bisa kelihatan. Cara ini adalah tekniknya Leo Andrie, yang mengaplikasikan langsung.

Berikut cara mengatasi murai kurang fighter kedua:

  • Kamu perlu minimal 3 sampai 4 burung Murai Batu yang memang rata-rata siap tarung. Ajak teman-teman kicau maniamu untuk berlatih bareng-bareng. Misalnya, burung kamu adalah yang mentalnya ciut, totalnya butuh 4 sampai 5 burung.
  • Simpan semua burung yang di lantai dengan memberi jarak kira-kira 5 meter antar burung.
  • Untuk burungmu yang mau latihan, tutup kandangnya pakai kerodong. Sementara 4 sisanya yang sudah fighter, buka kerodongnya.
  • Saat burung-burung petarung itu sudah pada berkicau dengan mantap, kamu amati burungmu. Kalau ia sudah terpancing dan menunjukan sikap gacor-nya, kamu bisa buka perlahan-lahan (setengah dulu).
  • Kalau ia mengintip dan makin terpancing, buka full kerodongnya selama 30 detik lalu tutup lagi. Biarkan ia gacor terus lebih kurang 12 menit.
  • Buka lagi 30 detik, lalu tutup dan pindahkan agar berpisah dari para fighter. Coba gantung lagi dan kamu bisa cek hasil latihannya. 
  1.  Kasih latihan dengan pancingan suara

Kalau kamu tak memiliki banyak Murai Batu atau teman yang bisa kamu ajak latihan, kamu bisa lakukan cara alternatif. Proses terapi mental Murai Batu ini jauh lebih mudah.

Kamu bisa cari dan download suara master kicau burung yang ada di internet lalu simpan di HP-mu.

Nah, kamu bisa pancing mental fighter murai kesayanganmu dengan menyalakan rekaman di dekatnya. Coba amati apakah Murai Batu kamu terpancing gacor atau tidak?

Tentu saja ini tak cukup kamu lakukan sekali. Harus berkali-kali agar semakin mantap.

Dengan mengusahakan berbagai tips agar Murai Batu punya mental tarung, kami jamin ia tak akan terlalu ciut lagi kalau berhadapan dengan murai lain. Silakan praktekkan sendiri untuk membuktikannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *