Jenis ikan mas koki

Jenis Ikan Mas Koki yang Bagus Untuk Dipelihara

Diposting pada

Bahashewan.id – Siapa sangka bahwa memiliki ikan koki mas tidak hanya dapat memperindah rumah namun juga bisa menjadi media untuk relaksasi?

Dengan merawat ikan menjadi sehat, orang akan menjadi senang dan pikirannya tenang. Nah, dari banyaknya jenis ikan mas koki yang bagus, manakah yang terbaik untuk dipelihara?

Secara fisik, koki mas terlihat sama seperti koi. Namun, jika dibandingkan, tubuh koki mas mungil dan bulat. Hal ini membuat ikan hias ini mudah dipelihara tanpa harus repot mencari tempat yang besar untuk merawatnya.

Jenis-jenis Ikan Mas Koki

Bagi yang ingin memelihara ikan koki, namun bingung memilih jenisnya, berikut adalah beberapa rekomendasi terbaik:

1. Bubble Eye

Jenis ikan mas koki bubble eye

Jika ingin memelihara ikan yang unik, maka Bubble Eye patut untuk dipertimbangkan. Tidak ada yang aneh dengan mata Bubble Eye karena ukurannya normal seperti ikan lainnya. Hanya saja bentuknya bulat dan menonjol sehingga terlihat seperti melotot.

Keunikan lain dari Bubble Eye yang membuatnya banyak digemari oleh pecinta ikan adalah kantung matanya yang bulat seperti bubble. Jadi, dibawah matanya terdapat dua bulatan besar yang berisi cairan.

Ini bukan pipi dari Bubble Eye, melainkan kantung mata dari ikan yang tumbuh mulai usia 6-9 bulan. Semakin besar ia tumbuh, maka semakin besa kantung tersebut akan berkembang.

Untuk menjaga agar kantung tersebut tidak mudah pecah, pastikan untuk menjaga tekanan dalam air.

2. Fantail Goldfish

Fantail Goldfish

Bagi yang tidak ingin terlalu repot dalam merawat ikan hias, maka cobalah merawat fantail goldfish. Ikan ini memiliki buntut atau ekor yang berbentuk seperti kipas yang melabar ke atas dan bawah.

Jadi, ketika bergerak, ekornya akan berkibas ke kanan-kiri seperti kipas.

Secara keseluruhan, tidak ada hal lain yang istimewa dari ikan fantail. Namun, jika dirawat dengan benar, maka fantail yang tumbuh dengan sehat.

Dan jika tidak terkena jamur atau penyakit lainnya, maka ikan fantail dapat terlihat cantik dengan warna orange yang mengkilat.

3. Ikan Mutiara

Ikan koki Mutiara

Bagi yang ingin melihat ikan yang indah sekaligus bisa menjadi penghias rumah, maka ikan Mutiara adalah pilihan yang tepat. Ikan ini terlihat sangat menggemaskan karena memiliki badan dan mata yang bulat seperti bola golf.

Karena ukurannya yang tergolong besar ini, sisik pada samping tubuh ikan akhirnya menonjol keluar sehingga terlihat seperti Mutiara.

4. Black Moor Goldfish

Black Moor Goldfish

Jenis ikan mas koki yang bagus dan memiliki daya tahan yang kuat dalah Black Moor Goldfish. Tidak seperti ikan goldfish lainnya yang berwarna orange, Black Moor berwarna hitam legam. Meskipun berbeda, namun ikan Black Moor tetap terlihat mewah dan unik.

Kelebihan lain dari ikan Black Moor adalah kemampuannya dalam beradaptasi dimana saja. Jadi, ikan ini dapat ditempatkan dimana saja dengan kondisi air normal maupun air bersuhu rendah. Selama diberi makan secara rutin, ikan dapat tumbuh dengan baik dan sehat.

5. Ryukin

Ryukin

Selain ikan Mutiara, ikan yang juga dikenal dengan kecantikannya adalah ryukin. Bentuk tubuh dari ikan ini tergolong gemuk dengan corak yang unik.

Meskipun warna dan degradasinya sama, namun corak antar ikan tidak ada yang sama. Karena kecantikannya inilah, harga beli dari ikan ryukin tergolong lebih mahal dibandingkan koki mas lain.

Selain kelima macam diatas, masih  banyak jenis ikan mas koki yang bagus dan bisa dipelihara baik  di dalam maupun diluar ruangan.

Sudah memilih jenis ikan koki yang cocok? Mungkin artikel aksesoris akuarium ikan hias bisa juga di baca.

Dengan perawatan yang tepat, ikan koki mas dapat tumbuh dengan sehat dan cantik. Jadi, pastikan untuk menjaga kebersihan air serta memberikan vitamin dan makanan secara rutin agar ikan dapat tumbuh dengan sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *