Cara Menjinakkan Murai Batu

5 Cara Menjinakkan Murai Batu Giras dalam Sebulan

Diposting pada

BAHASHEWAN.ID – Tanpa menerapkan cara menjinakkan Murai Batu yang tepat, bakal memerlukan waktu yang sangat lama hingga akhirnya burung mampu beradaptasi sepenuhnya dengan lingkungan baru.

Lebih-lebih kalau kalian menginginkan agar burung giras tersebut siap ikut serta dalam perlombaan secepatnya, maka praktik cara menjinakkan Murai Batu yang liar yang benar jadi sebuah keharusan.

Khusus untuk para Kicau Mania, kami telah menyiapkan sederet tips tokcer untuk menjinakkan Murai Batu liar, khususnya jenis tangkapan hutan.

Berikut penjelasannya.

Cara Menjinakkan Murai Batu yang Liar dengan Cepat

Cara Merawat Murai Batu Rumahan Agar Gacor

Kenyataannya, menjinakkan Murai Batu takut orang itu gampang-gampang sulit.

Terbilang gampang asalkan kalian mengetahui triknya.

Sebaliknya, hal tersebut tergolong sulit lantaran perlu ketelatenan dalam jumlah yang luar biasa besar untuk melakoninya.

Ini karena proses penjinakan Murai Batu sendiri umumnya berlangsung dalam jangka waktu yang lumayan lama.

Bahkan, ada pemilik burung yang mesti menunggu sampai bertahun-tahun lamanya, hingga Murai hutan tangkapannya pada akhirnya gacor dan siap mengikuti lomba.

Namun, di artikel ini, kalian akan mempelajari jalan pintas untuk mengatasi Murai Batu tidak mau jinak dalam sebulan saja.

Tanpa berbasa-basi lagi, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

1. Mandikan Murai Batu

Sebetulnya, terdapat dua cara umum dalam memandikan Murai Batu yang bisa kalian praktikkan.

Pertama, yaitu dengan memandikan burung dengan cara menyemprotnya di dalam keramba. Metode ini patut kalian coba jika burung betul-betul belum terbiasa mandi sendiri.

Semprot hingga burung sampai basah, lalu tunggu beberapa saat sampai burung dengan sendirinya mau mencebur ke dalam genangan air di bagian bawah keramba.

Baca juga trik ini: 7 Cara Merawat Murai Batu Rumahan Agar Gacor

Sementara itu, alternatif lainnya yakni dengan menyiapkan keramba mandi dengan cukup air.

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, terapkan metode ini hanya ketika Murai Batu sudah benar-benar nyaman dengan lingkungan barunya.

Lumrahnya, kalian hanya perlu memandikan Murai Batu dua atau tiga kali seminggu. Namun, untuk mempercepat proses penjinakan, mandikan burung setiap pagi.

2. Gantung Sangkar Burung di Ketinggian Sedang

Cara menjinakkan Murai Batu tangkapan hutan yang berikutnya yaitu dengan menggantung sangkar burung di ketinggian yang pas.

Menurut para pakar, sebaiknya gantung sangkar Murai Batu setinggi pundak orang dewasa, atau sekitar 100 cm dari lantai.

Ini dimaksudkan agar Murai Batu dapat menyesuaikan diri dengan kawasan baru di sekitarnya.

Selain itu, dengan menggantung sangkar burung (alih-alih meletakkannya di lantai seperti yang kebanyakan orang awam lakukan), Murai Batu juga lambat-laun akan mampu beradaptasi dengan keramaian.

Alhasil, ketika hari perlombaan tiba, burung tidak tersentak apalagi tertekan karena kehadiran banyak orang.

Namun, peletakan sangkar tetap harus memperhatikan hal krusial lainnya, seperti yang tertulis di bagian selanjutnya.

3. Jauhkan Sangkar Burung dari Hewan Predator

Ya, cara membuat Murai Batu giras agar cepat jinak berikutnya yang masih ada kaitannya dengan pembahasan sebelumnya yaitu menempatkan sangkar di area rumah yang “aman”.

Yang dimaksud “aman” adalah bebas dari ancaman hewan pemangsa, contohnya kucing jalanan yang acapkali berkeliaran di sekitar rumah.

Jika Murai Batu merasa terancam, ia rentan terjangkit stres.

Salah satu indikasi burung terkena stres adalah berkurangnya selera makan. Selain itu, Murai Batu juga bakal bertambah agresif. Malahan, tidak jarang ada pula yang dengan sengaja menabrakkan diri ke pembatas sangkar.

Jika ini terjadi, bisa-bisa tingkat imunitas burung menurun. Untuk mencegahnya, camkan baik-baik cara ini.

4. Pasang Kerodong Sangkar Burung di Malam Hari

Cara menjinakkan Murai Batu dengan cepat yang tidak kalah pentingnya adalah dengan mengkerodong (atau kerudung) Murai Batu di malam hari.

Mengapa kalian mesti menerapkan cara ini?

Fungsinya bermacam-macam. Pertama, trik ini dipercaya mampu meredam agresivitas Murai Batu. Kedua, kerodong juga akan melindungi burung dari angin dan suhu dingin.

Dan, khasiat lainnya dari mengkerodong burung di malam hari adalah sebagai proteksi tambahan agar burung terhindar dari guncangan yang bisa membuat burung stres.

Misalnya, gerakan tiba-tiba cicak atau serangga yang mengejutkan Murai Batu.

Murai Batu mental down? Baca artikel cara agar murai batu punya mental tarung

5. Beri Pakan yang Sesuai

Pakan burung berperan penting terhadap kesehatannya. Sebagai penghobi, kalian pasti tahu betul dengan fakta yang satu ini.

Murai Batu yang diberi pakan asal-asalan tanpa memperhatikan kebutuhan gizi dan makanannya di habitat aslinya cenderung memiliki kualitas hidup yang buruk. Juga, kemungkinan besar Murai Batu rentan sakit-sakitan.

Sebaliknya, pemberian pakan yang tepat akan meningkatkan sistem kekebalannya dan menangkal penyakit. Beri dua ekor jangkrik di pagi dan sore hari.

Biasanya, Murai Batu yang masih giras cenderung menolak ketika kalian mencoba menyuapinya langsung dari tangan. Untuk mengatasinya, tinggalkan saja jangkrik di dalam wadah. Perlahan-lahan Murai Batu akan menyambar pakan dengan sendirinya.

Sisanya, beri kroto sebagai extra fooding.

Dengan mengikuti kelima cara cepat menjinakkan Murai Batu di atas, niscaya Murai Batu paling giras sekalipun dapat dijinakkan dalam waktu yang relatif singkat.

Penutup

Terbukti sudah bahwa menjinakkan Murai Batu, terutama Murai Batu hutan tangkapan yang terkenal giras dan takut orang, tidaklah sesulit yang terlihat.

Memang, butuh ketekunan untuk bertirakat hingga Murai Batu jinak sepenuhnya dan gacor. Namun, ikhtiar yang dikerahkan tentunya sepadan dengan hasil yang diperoleh.

Malahan, bukan hal yang mustahil usaha tersebut akan mencetak Murai Batu yang langganan juara dalam kontes-kontes. Selamat mencoba kelima cara menjinakkan Murai Batu di atas dan semoga berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *