Ikan Cupang Slayer

Ikan Cupang Slayer

Diposting pada

BAHASHEWAN.ID – Masih bingung membedakan ikan cupang slayer dengan cupang yang lain? Simak ulasan berikut mengenai ciri khas ikan cupang slayer dan kisaran harga di pasaran.

Memelihara ikan bisa menjadi hiburan tersendiri di rumah. Apalagi kalau ikan itu berwarna-warni, pasti tambah menyenangkan dipandang mata.

Namun, tidak semua ikan hias mudah dipelihara, bahkan ada yang membutuhkan biaya mahal. Lain halnya kalau merawat jenis ikan cupang slayer. Selain warnanya cantik, mudah dipelihara, serta mencarinya pun tidak sulit.

Sebenarnya ikan cupang itu ada banyak jenisnya. Harganya juga bervariasi, mulai dari yang puluhan ribu hingga jutaan. Mungkin ada yang penasaran mengapa harga ikan sekecil itu bisa sangat mahal.

Ciri Khas dan Harga Ikan Cupang Slayer

Cobalah untuk memperhatikan kombinasi warna serta keindahan bentuk ikannya. Kedua hal itu bisa menjadi faktor penentu harga. Sedangkan untuk jenis ikan cupang slayer, berikut adalah ciri khas serta kisaran harganya:

1. Warna

Warnanya terang dan beragam, seperti hijau, merah, kuning, dan warna-warna mencolok lainnya. Jenis yang banyak ditemukan hanya memiliki satu warna dominan, kemudian di sirip dan ekornya warna terang lainnya.

Namun, ada juga kombinasi hingga 5 warna. Misalnya saja pada jenis slayer fancy yang multicolor, yakni minimal 4 warna campuran.

Jenis ikan cupang slayer lainnya dengan warna tubuh unik adalah jenis avatar. Tubuhnya berwarna hitam, tapi kalau diperhatikan dengan seksama sisiknya putih mengacak.

Kalau si ikan sedang berenang, tampak seperti mutiara yang bergerak-gerak. Selain tampak anggun, jenis avatar juga gagah karene ekor serta siripnya abu-abu kehitaman.

2. Bentuk Tubuh

Jika dibandingkan dengan jenis cupang lainnya, cupang slayer memiliki tubuh lebih ramping dan panjang. Ini membuat bentuk tubuhnya tampak layaknya torpedo.

Bagian sirip dan ekor seperti menyatu namun tetap rapi. Sedangkan, bentuk ujungnya seperti lingkaran meski sebenarnya setengah lingkaran dengan sudut kemiringan 180 derajat.

3. Mata

Sama seperti jenis cupang lainnya, warna mata yang dimiliki cupang slayer adalah hitam. Hanya saja karena tubuhnya ramping, kecil, dan memanjang, mata hitam tersebut terkesan lebih besar.

Untungnya, warna tubuh yang dominan cerah membuat kombinasi ini membuat si ikan terlihat anggun daripada garang.

4. Pakan dan Vitamin

Salah satu alasan mengapa ikan cupang banyak digemari karena makanannya tidak sulit. Cukup berikan kutu air, pelet, ataupun cacing sutra sebanyak dua kali sehari.

Porsinya jangan terlalu banyak karena kalau tidak habis akan mengotori air. Jadi pastikan banyaknya makanan dihabiskan oleh si ikan. Sisa makanan yang tertinggal di dalam air dapat menimbulkan bakteri serta virus penyakit bagi ikan.

Sedangkan untuk vitamin sifatnya tidak wajib. Ini adalah suplemen tambahan agar warna ikan lebih tegas dan ikan lebih gesit. Tapi, ingat, jangan sembarangan memilih vitamin karena khawatir dampaknya tidak sesuai yang diharapkan.

Meskipun tidak akan membuat ikan sakit dan mati, vitamin yang kurang pas tidak akan memberikan hasil yang diinginkan.

5. Setting Akuarium

Faktor lain yang menentukan perawatan seekor ikan adalah kondisi akuarium. Ini tak hanya berpengaruh pada kesehatan ikan, tetapi juga mempertahankan penampilannya agak tetap indah.

Setidaknya secara rutin air diganti sehari tiga kali. Untuk ikan yang lebih muda, kondisi air harus lebih diperhatikan karena berdampak pada pertumbuhan sirip serta ekornya.

Kamu bisa gunakan botol untuk wadahnya, inspirasinya bisa cek di artikel ide botol untuk ikan cupang

Untuk menjaga dari penyakit, pemilik bisa menaruh daun ketapang di dalam akuarium. Tips lainnya agar sirip dan ekor tumbuh cepat serta indah, berikan sedikit taburan garam. Lalu, pastikan cukup ruang bagi ikan untuk bergerak alias akuarium tidak terlalu kecil.

6. Variasi Harga Ikan Cupang Slayer Terkini di Pasaran

Di awal disebutkan kalau harga ikan cupang berdasarkan keindahan warna tubuh, kegesitan, serta mentalnya. Semakin lincah ikan, tentu saja semakin tinggi harga jualnya.

Untuk jenis ikan cupang slayer, harga anakan dibanderol Rp25.000 satu bibitnya. Jika sudah dewasa, harganya bisa Rp50.000 dan termahalnya Rp300.000.

Cupang slayer indukan yang akan diternakan bisa dibeli dengan harga sekitar Rp80.000 – Rp150.000. Kalau menemukan kelas juara, ikan ini bisa menembus harga Rp5.000.000 per ekor. Sedangkan, untuk paling murahnya saja minimal Rp300.000.

Ikan cupang sebenarnya sudah tidak asing lagi, baik di kalangan anak-anak hingga pecinta ikan hias. Namun untuk jenis ikan cupang slayer yang berwarna indah hanya bisa dimiliki kalangan tertentu karena harganya yang mahal. Bagi pemula atau sekedar untuk menghiasi rumah, tak ada salahnya membeli yang murah namun memiliki warna cerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *