Jamu Ayam Bangkok Biar Pukulan Keras

Jamu Ayam Bangkok Biar Pukulan Keras

Diposting pada

Salah satu alasan Ayam Bangkok banyak tersebar di Indonesia adalah kekuatan bertarungnya yang hebat. Itulah kenapa harga ayam ini mahal, khususnya yang jantan super.

Untuk memaksimalkan kemampuannya, jamu Ayam Bangkok biar pukulannya keras juga diberikan.

Jika kamu masih pemula dalam memelihara ayam aduan, informasi di bawah ini sangat penting. Mengapa? Karena jika salah memberikan jamu atau ramuan, ayam bisa mengalami keracunan dan akhirnya mati.

Ramuan Jamu Ayam Bangkok Pukulan Keras

Jamu untuk Ayam Bangkok petarung jenisnya ada dua. Pertama adalah jamu yang sudah jadi dan dalam kemasan khusus. Kedua adalah jamu yang ramuannya Anda buat sendiri

Untuk jamu yang sudah jadi, kamu bisa menggunakan Samson Power Booster atau Blat Recharger, yang paling penting, jamu ini memiliki sepak terjang yang baik dan direkomendasikan oleh peternak.

Untuk jamu herbal yang buatan sendiri, Anda wajib menggunakan dua resep di bawah ini.

  1. Jamu Padat 

Jamu padat bentuk padat ini bisa digunakan untuk memberikan doping Ayam Bangkok. Bisa diberikan beberapa jam sebelum bertarung atau diberikan setiap hari untuk menjaga daya tahan.

Bahan:

  • 1 kg jahe, kupas hingga bersih.
  • ½ kg kunyit, kupas hingga bersih.
  • Kopi bubuk murni secukupnya.
  • 1 kg gula merah.
  • Daun herbal.

Cara membuat:

  • Cairkan gula merah dengan memasukkannya ke dalam air lalu dipanaskan.
  • Blender jahe dan kunyit sampai halus.
  • Campurkan semua bahan termasuk kopi dan daun herbal yang sudah melalui proses perebusan dan wajib halus.
  • Masak sampai teksturnya mengental seperti dodol.
  • Matikan api, lalu bentuk bulat kecil-kecil untuk diberikan pada ayam.
  1. Jamu Cair

Jamu cair diberikan saat off season atau masa perawatan. Misal ayam jago sedang dalam kondisi “njabut” atau bulunya habis, akan muncul bulu baru sehingga tubuh terasa sakit.

Buat rebusan kunyit dan jahe yang ditambahkan gula merah. Berikan secara rutin di pagi dan sore hari. Ramuan ini akan mengatasi inflamasi, sehingga ayam tidak akan tersiksa saat bulunya tumbuh.

Tips Memaksimalkan Kemampuan Ayam Bangkok Pukulan Keras

Selain dengan jamu ayam jago petarung di atas, agar kemampuannya maksimal, ayam jago juga harus melalui dua hal di bawah ini:

  1. Melakukan Latihan Teratur

Melakukan latihan rutin atau sparring sangat penting saat memiliki ayam aduan. Mengapa? Karena kemampuan yang mentah tidak akan berkembang jika tidak melakukan praktik secara rutin.

Itulah kenapa Anda wajib memiliki lebih dari satu ayam aduan agar bisa latih tanding bersama-sama.

  1. Memberikan Pakan Bergizi

Tidak hanya latihan saja, makanan untuk ayam juga harus bergizi. Ayam harus menerima gizi yang tepat khususnya protein agar ototnya membesar. Selain itu, hindari asal memberikan makan karena bisa memicu obesitas.

Untuk pakannya, selengkapnya baca di artikel cara membuat pakan ayam

Setelah membaca ulasan tentang jamu Ayam Bangkok agar pukulannya keras di atas, Anda bisa tahu dua hal. Pertama, memberikan nutrisi yang tepat sangat penting. Apalagi bisa menurunkan risiko sakit pada ayam.

Kedua, jamu Ayam Bangkok petarung bukan satu-satu hal yang membuat jagoan ini menang. Mereka juga harus menjalani latihan yang baik dan perawatan maksimal agar staminanya baik dan performanya selalu terjaga.

Terpenting dari semua, memilih anakan dari jago yang juara atau pernah menang sebelumnya juga lebih baik. Biasanya, anakan dari induk yang hebat akan besar dengan kondisi fisik dan kemampuan yang kurang lebih sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *