Cara Menetaskan Telur Ayam Dengan Kardus

Cara Menetaskan Telur Ayam Dengan Kardus

Diposting pada

BAHASHEWAN.ID – Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menetaskan telur ayam dengan baik, seperti menggunakan beras, menggunakan lampu, dan juga kardus.

Di artikel ini akan membahas gimana cara menetaskan telur ayam dengan kardus. Lalu, seperti apa prosesnya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Cara Menetaskan Telur Ayam Dengan Kardus

Selain menggunakan mesin tetas yang bisa kamu beli di toko, kamu juga bisa memanfaatkan barang barang di sekitarmu untuk membuat alat tetas sendiri.

Adapun bahan, alat dan cara membuat mesin penetas telur dari kardus, yaitu

  • Kardus
  • Lampu 5 watt
  • Cutter
  • Kabel
  • Saklar
  • Sekam
  • Wadah air
  • Termostat
  • Termometer

Pertama, siapkan kardus berukuran sekitar 40x40x40 cm, kemudian buat ventilasi atas dan ventilasi bawah.

Untuk ventilasi atas, buatlah lubang berukuran sekitar 6×6 cm di bagian atas kardus, sedangkan untuk ventilasi bawah, kamu cukup buat 2 lubang di kedua sisi bawah kardus dengan diameter sekitar 1 cm.

Tahap selanjutnya, yaitu fitting lampu dengan menggunakan kabel, lampu 5 watt, termostat, saklar dan stop kontak. Lampu ini digunakan untuk menghangatkan telur agar tetap hangat.

Cara Menetaskan Telur Ayam Dengan Kardus

Agar tidak terlalu dekat, kamu bisa meletakkan lampu di tengah kardus dengan jarak sekitar 10 cm dari telur.

Selanjutnya tinggal masukkan sekam setebal 3 atau 5 cm dan koran sebagai alas telur. Ukuran kardus ini bisa digunakan untuk 15 sampai 20 telur ayam.

Sedangkan untuk lampu, semakin besar kardus maka dibutuhkan lebih banyak lampu. Jangan lupa taruh wadah air di pojok kardus.

Pemilihan Telur

Seperti yang kalian ketahui untuk menetas telur ayam membutuhkan waktu sekitar 21 hari. Ketika kamu sudah membuat alat untuk inkubasi telur, maka selanjutnya kamu perlu memilih telur yang akan diinkubasi.

Beberapa kriteria telur yang baik, yaitu memiliki berat sekitar 60 gram, bentuk oval, cangkang tidak retak, memiliki umur tidak lebih dari 5 hari dan jika ada kotoran maka bisa dibersihkan terlebih dahulu.

Peletakan Telur

Sebelum telur dimasukkan ke dalam alat tetas, pastikan jika alat tetas berada di tempat yang tidak terkena cahaya matahari langsung dan memiliki suhu konstan.

Jika persiapan sudah siap, masukkan telur dengan posisi bagian lancip di bawah. Beri jarak antara telur yang satu dengan telur yang lain.

Pengaturan Kelembapan dan Suhu

Suhu dan kelembaban adalah faktor utama yang mempengaruhi penetasan. Selama penyimpanan hari pertama hingga ke 18, suhu idealnya yaitu berkisar antara 34 derajat celcius, sedangkan untuk suhu penetasan telur ayam 3 hari terakhir, yaitu berkisar 38 derajat celcius. 

Kamu bisa mengeceknya dengan menggunakan termometer.

Sedangkan kelembaban ideal untuk 18 hari pertama, yaitu berkisar 45- 50% dan untuk 3 hari terakhir berkisar 65- 70% yang bisa kamu ukur dengan menggunakan higrometer.

Penetasan

Untuk cara menetaskan telur ayam pakai kardus selanjutnya, yaitu selama 17 hari kamu perlu membalik telur secara rutin minimal setiap 8 jam sekali. Setelah 18 hari, kamu tidak perlu membalikkan telur, karena telur siap menetas.

Pada hari ke 21, telur akan menetas dan pada saat menetas biarkan anak ayam di dalam kardus selama 24 jam. Setelah mengeluarkan anak ayam bersihkan kardus dengan disinfektan.

Referensi artikel: Cara membuat pakan ayam

Cara menetaskan telur ayam dengan kardus di atas bisa kamu coba untuk menetaskan telur ayam kamu tanpa perlu dierami induknya. Pastikan untuk selalu mencuci tangan sebelum menyentuh telur ayam saat membalikkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *