Ikan beracun di laut

5 Spesies Ikan Beracun di Laut

Diposting pada

BAHASHEWAN.ID – Laut adalah rumah besar untuk beragam makhluk hidup yang memiliki habitat di air asin. Di antara berbagai macam makhluk laut tersebut, terdapat sekelompok ikan beracun di laut.

Terkadang orang awam tidak langsung mengenalinya dan justru malah mendekati spesies-spesies berbahaya ini karena tampilannya yang menarik.

Berikut 5 contoh ikan laut yang memiliki kadar racun tinggi:

1. Ikan Lepu Ayam

red lionfish

Dalam bahasa Inggris, ikan beracun di laut ini disebut dengan nama red lionfish. Habitat aslinya adalah perairan di daerah dengan iklim tropis, meskipun dapat dijumpai juga di perairan subtropis.

Warna tubuhnya orange dan merah mencolok. Durinya bisa mengembang di saat ikan ini berenang. Banyak yang menjadikannya sebagai ikan hias karena dianggap cantik.

Meskipun begitu, duri di luar tubuh ikan tersebut ternyata memiliki racun berbahaya. Apabila manusia terkena luka karena duri ikan lepu ayam, akibatnya berupa mati rasa pada sebagian besar anggota tubuh. Pada kasus tertentu, dampaknya bisa cukup fatal.

2. Ikan Buntal

Ikan buntal

Mungkin sudah banyak yang tahu bahwa ikan buntal merupakan ikan beracun di laut. Keunikan ikan ini terlihat jelas terutama jika ia diserang oleh musuh.

Bagian bawah tubuhnya tersusun atas kantong udara yang dapat mengembang jika ikan merasa berada pada situasi berbahaya.

Bagian atas tubuhnya dihiasi oleh duri-duri kecil yang juga berfungsi sebagai alat perlindungan diri.

Ikan buntal termasuk dalam kelompok ikan beracun di laut terutama ketika tubuhnya dimakan. Terdapat zat racun yang disebut tetrodoksin di dalam tubuhnya.

Racun ini menyebar cepat di dalam pembuluh darah dan dapat menyebabkan kematian, bahkan pada manusia. Kasus kematian akibat ikan ini cukup sering dilaporkan terutama di Jepang.

3. Belut Laut Moray

Belut Laut Moray

Spesies ini biasanya hidup di terumbu karang. Corak tubuhnya berbeda-beda dan biasanya menyesuaikan dengan habitat tempat tinggalnya.

Karena tinggal di terumbu karang, manusia cukup sering berinteraksi dengan hewan laut ini, terutama saat melakukan kegiatan diving. Gerakan tubuh belut ini cenderung lambat, kecuali jika mendekati mangsa.

Belut laut moray memiliki gigi yang sangat tajam dan beracun. Gigitan tersebut dapat melukai manusia yang berusaha mendekatinya.

Akan tetapi, penglihatan belut ini cukup buruk sehingga akurasi gigitannya tidak terlalu tinggi. Tetap saja penyelam disarankan untuk menjauhinya.

4. Stonefish

Stonefish

Sesuai dengan namanya, tubuh ikan ini jika dilihat sekilas sangat menyerupai batu. Karakteristik ini membuat stonefish mudah melakukan kamuflase dengan tempat tinggalnya di sekitar terumbu karang.

Ikan ini memiliki mulut yang sangat lebar yang memudahkannya mencaplok mangsa.

Apabila seseorang tidak sengaja menginjak bagian punggung ikan ini, kemungkinan racun yang tersimpan di sana dapat menginfeksi orang tersebut.

Racun tersebut bernama verrucotoxin dan dapat menyebabkan kesulitan bernapas hingga gagal jantung. Orang yang terkena racun tersebut harus segera mendapatkan antidote dalam waktu dua jam atau akibatnya bisa fatal.

5. Scorpionfish

Scorpionfish

Scorpionfish adalah salah satu ikan beracun di laut yang sebenarnya masih merupakan kerabat dekat dari stonefish. Bentuk fisiknya tidak jauh beda dari seekor stonefish.

Dibandingkan dengan stonefish, bagian duri pada area punggung scorpionfish terlihat lebih jelas. Ikan ini juga tinggal di habitat yang sama yaitu terumbu karang.

Dibandingkan dengan stonefish, tingkat racun yang dihasilkan oleh scorpionfish masih lebih rendah. Dampak keracunan toksin ikan laut ini biasanya tidak fatal. Akan tetapi, orang yang pernah terinfeksi racun scorpionfish menyatakan bahwa racun tersebut benar-benar menyakitkan.

Referensi artikel:

Masih ada banyak lagi spesies ikan beracun di laut. Hal ini tidak harus membuatmu takut berinteraksi dengan ikan-ikan ini. Yang penting adalah kewaspadaan saat mendekati area habitatnya serta selalu ingat untuk menjaga jarak aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *