Apakah Ikan Sapu-Sapu Bisa Dimakan

Apakah Ikan Sapu-Sapu Bisa Dimakan?

Diposting pada

BAHASHEWAN.ID – Apakah ikan sapu sapu bisa dimakan? Mungkin ini adalah pertanyaan aneh bagi sebagian orang.

Tapi, jangan salah, untuk mereka yang senang mencicipi menu-menu unik pasti tertarik mencoba ikan sapu sapu. Meskipun ikan ini tidak umum dimakan apalagi dijadikan sebagai hidangan utama di meja makan.

Sebelum membahas lebih lanjut apakah ikan sapu sapu bisa dimakan atau tidak, perlu tahu dulu bahwa ikan ini bukan asli dari Indonesia melainkan Amerika Selatan. 

Kebalikan dengan orang Indonesia yang sering memeliharanya sebagai “pembersih” akuarium sekaligus ikan hias, bagi orang sana ikan sapu sapu adalah hama.

Bahaya yang Harus di Antisipasi

Seperti yang disebutkan di atas, ikan sapu sapu bukanlah menu umum yang dimakan semua orang. Tak seperti ikan lainnya karena masyarakat mengetahui fungsi ikan ini sebagai peliharaan, bukan untuk dikonsumsi.

Namun, bagi mereka yang penasaran terhadap rasanya, perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

1. Zat yang Terkandung

Mayoritas ikan mengandung Omega 3 yang baik untuk perkembangan otak. Pada ikan sapu sapu, kandungan yang ada di dalamnya bukan hanya nutrisi, melainkan ada zat lainnya yang berbahaya bagi manusia yaitu berupa logam.

Ikan sapu sapu bisa hidup di air tercemar sekalipun sehingga resikonya bisa lebih tinggi kalau memakan ikan dari sembarang tempat.

2. Reaksi Alergi

Kandungan pada daging ikan sapu sapu akan memberikan reaksi buruk bagi si pemakannya. Jika ikan tidak diolah dengan tepat serta dipastikan bersih, maka seseorang akan gatal-gatal terlebih bagi mereka yang sensitif atau memiliki alergi tertentu.

Selain pada kulit, di sekitar rongga mulut pun akan merasakan sensasi menggelitik yang tidak nyaman.

3. Gangguan Liver dan Ginjal

Alergi pada kulit dan gatal-gatal di sekitar mulut belum seberapa. Kemungkinan lainnya adalah gangguan pada fungsi hati dan ginjal. Ada kadmium, yakni kandungan pada daging ikan sapu sapu yang bisa merusak ginjal.

Iritasi yang ditimbulkan memang tidak tiba-tiba. Efeknya perlahan namun sangat membahayakan.

4. Kerusakan Otak

Konsekuensi lebih buruk dari mengonsumsi ikan sapu sapu adalah kerusakan otak. Kandungan logam yang tinggi bisa menyumbat aliran darah ke otak.

Resikonya otak tidak mendapat aliran oksigen, serta di saat yang bersamaan logam ini pun menjadi racun dalam darah. Lama kelamaan, otak akan rusak secara permanen.

Ikan Sapu-sapu Boleh Dimakan dengan Syarat Ini!

Jadi, masih penasaran dengan daging ikan sapu sapu? Boleh saja kalau ingin sekedar mencicipinya. Satu hal yang harus dipastikan adalah ikan sapu sapu tidak ditangkap secara sembarangan, melainkan berasal dari budidaya.

Hal ini dikarenakan airnya terjamin bersih sehingga bisa meminimalisir resiko kandungan berbahaya.

Sebenarnya, dalam daging ikan sapu sapu terdapat juga vitamin dan nutrisi yang mampu menghasilkan stamina, meredakan stress, hingga bermanfaat untuk detoksifikasi.

Selama ikan berasal dari air bersih dan mengonsumsinya tidak terlalu banyak, maka seseorang tersebut masih aman.

Daripada ragu mengkonsumsi ikan sapu-sapu, mending makan ikan mata sebelah. Baca selengkapnya manfaat mengkonsumsi ikan mata sebelah

Dengan begitu, pertanyaan apakah ikan sapu sapu bisa dimakan atau tidak? Jawabannya adalah bisa, selama ikan dari air bersih dan porsinya tidak berlebihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *