Manfaat ikan mata sebelah

Manfaat Mengkonsumsi Ikan Mata Sebelah

Diposting pada

BAHASHEWAN.ID – Ikan mata sebelah, ikan sebelah atau ikan lidah mempunyai bentuk yang tidak biasa dengan bola mata yang hanya berada di salah satu sisi tubuh membuatnya terlihat unik.

Siapa sangka dengan keunikan dari bentuknya yang tak lazim ini, ternyata ikan mata sebelah memiliki kandungan gizi tinggi. Kandungan gizi yang terkandung tersebut bahkan dinilai mampu memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. 

Ikan lidah, begitulah orang menyebut nama lain dari jenis ikan ini, yang ternyata banyak dihasilkan di perairan Indonesia. Kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di pasar tradisional baik berbentuk ikan asin maupun berupa ikan segar.

Manfaat Mengkonsumsi Ikan Mata Sebelah

Sebagai ikan konsumsi yang memiliki banyak peminat, ikan ini juga kaya manfaat, di antaranya sebagai berikut:

1. Mengobati Darah Tinggi

Memakan ikan mata sebelah sangat dianjurkan bagi  orang yang memiliki keluhan tekanan darah tinggi. Ini karena ikan mata sebelah kaya akan kadungan omega3 yang membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Bahkan tidak hanya bisa menurunkan tekanan darah,  tapi sekaligus bisa  bermanfaat untuk menjaga tekanan darah kamu agar tetap stabil. 

2. Memelihara Sel Darah Merah

Vitamin B merupakan salah satu hal yang paling diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan sel darah merah. Saat kamu mengonsumsi ikan lidah ini, maka kesehatan sel darah merah di tubuhmu akan terjaga.  

Pasalnya, dengan memakannya kandungan vitamin B  yang ada di dalam ikan lezat ini bisa dengan mudah diserap oleh tubuh. 

3. Meningkatkan Kesuburan Pria

Konsumsi ikan segar juga baik untuk dilakukan secara rutin oleh pria dewasa terutama dalam menjaga kesuburan. Hal ini tentunya berkaitan dengan kandungan gizi yang sangat kompleks yang ada di dalam ikan membuat tubuh terasa berstamina.

Sehingga jika diimbangi dengan makanan sehat lain, bisa memperbaiki meningkatkan kualitas sperma yang dihasilkan oleh tubuh. 

4. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari rutin memakan ikan lidah adalah bisa menjaga kesehatan mata kamu. Karena di dalam ikan lidah terdapat zat vitamin A yang bermanfaat untuk membantu permukaan mata dan selaput lendir dalam menghalau virus.

Selain itu, ada zat vitamin C yang bekerja sebagai antioksidan kuat yang melindungi mata dari radikal bebas. 

5. Membantu Penyembuhan Deabetes

Asam lemak serta omega3 yang terdapat pada ikan ini membuatnya disarankan untuk penderita deabetes. Penyaranan ini lantaran kandungan asam lemak dan omega3 tersebut diyakini bisa meningkatkan kualitas insulin. Meningkatnya kualitas hormon insulin ini bisa menjadi kabar baik bagi kesembuhan penderita deabetes.

Mencintai kesehatan sejak muda dapat ditunjukkan melalui berbagai cara yang bisa kamu lakukan. Misalnya saja, salah satunya adalah dengan mengonsumsi ikan mata sebelah yang baik untuk meningkatkan kualitas imun tubuhmu.

Tentunya, rajin mengonsumsi ikan ini  saja tidak cukup, kamu kamu perlu mengimbangi dengan makanan sehat yang lain dan olahraga pastinya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *