Makanan untuk kutu air

Makanan untuk Kutu Air

Diposting pada

BAHASHEWAN.ID – Banyak yang tidak tahu bahwa sebenarnya bisa membudidayakan kutu air. Jika kutu air sudah banyak, maka kamu bisa menjualnya atau menggunakannya sendiri untuk pakan ikan. Lalu, bagaimana cara ternak dan apa makanan untuk kutu air?

Meski sering dipandang dengan sebelah mata, nyatanya kutu air memiliki sisi kelebihan. Kamu bisa menggunakan kutu air sebagai makanan untuk ikan cupang.

Membahas mengenai budidaya kutu air, Kamu harus tahu dulu mengenai beberapa makanannya.

Apa Saja Makanan untuk Kutu Air?

Cara memberi makan untuk kutu air sebenarnya cukup mudah. Pasalnya Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa benda sederhana seperti:

  • Pupuk kandang
  • Tepung terigu atau tapioka
  • Ragi
  • Dedak
  • Eceng gondok
  • Limbah cair tahu

Caranya, taburkan saja bahan-bahan tersebut ke dalam wadah tempat kutu air hidup. Berikan secukupnya sekitar 2 kilogram saja, makanan akan habis dalam waktu kurang dari seminggu.

Pada umumnya, makanan yang bisa kamu berikan adalah pupuk kandang. Dengan memberikan pupuk kandang, budidaya kutu air akan lebih efektif. Tapi banyak juga makanan lain yang bisa Kamu berikan dan terbukti cukup efektif.

Kamu tidak perlu memberikan makanan setiap hari. Berikan lagi jika kutu air sudah menghabiskan makanannya.

Selain tentang makanannya, Kamu juga perlu mempelajari cara untuk membudidayakan kutu air dengan baik. Berikut hal-hal yang perlu Kamu perhatikan:

Menyiapkan Bibit Kutu Air

Langkah pertama yang harus Kamu lakukan adalah menyiapkan bibit untuk kutu air. Tidak mungkin kan melakukan budidaya tapi tidak mencari bibitnya?

Kalau ingin alternatif yang sedikit merepotkan, Kamu bisa menggunakan beberapa media seperti ampas kedelai, kotoran ayam, atau sayuran busuk.

Caranya sebagai berikut:

  • Persiapkan wadah kecil lalu isi dengan air
  • Masukkan sayuran kol yang sudah membusuk
  • Tunggu selama 7 hari
  •  Kotoran dari sayur kol akan menghasilkan bibit kutu air
  • Sebagai imbauan, Kamu perlu menjauhkan bibit kutu air dari sinar matahari secara langsung

Namun jika ingin cara yang lebih mudah, cari saja di sekitar rumah Kamu seperti di selokan, atau tempat-tempat air kotor. Selain itu, Kamu juga bisa membelinya secara online.

Wadah Kutu Air

Hal yang tidak boleh Kamu lewatkan selanjutnya adalah rumah atau wadah kutu air. Siapkan saja wadah tertentu seperti baskom atau wadah plastik yang ukurannya serupa.

Isi baskom dengan air lalu tuangkan saja kutu air ke dalamnya. Tapi sebelumnya harus diberi kapur dulu, tujuannya untuk menetralkan tingkat keasaman air.

Biasanya sekitar 11 hari kutu air sudah bisa Kamu panen dengan praktis. Setelah itu, tinggal jual saja ke para konsumen yang memerlukan. Bisnis ini juga bisa Kamu lakukan secara online untuk mendapatkan pasar yang lebih luas lagi.

Jangan salah, sebab keuntungan berbisnis kutu air juga besar. Prospeknya dianggap menjanjikan karena akan terus dibutuhkan sebagai pakan untuk ikan cupang.

Tidak terlalu sulit ya cara perawatan kutu air? Hanya  cukup dilakukan dalam wadah sederhana dengan bahan-bahan yang juga sederhana.

Makanan untuk kutu air juga sangat mudah dicari. Misalnya pupuk kandang yang bisa Kamu dapatkan sendiri di sekitar rumah atau membelinya di penduduk sekitar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *