Pakan Burung Pelatuk

Pakan Burung Pelatuk dan Perawatannya

Diposting pada

BAHASHEWAN.ID – Bagi kamu yang gemar memelihara burung, sudah pernah coba pelihara burung pelatuk? Kalau belum, coba tambah peliharaan kamu dengan burung yang hobi mematuk-matuk ini. Apalagi pakan burung pelatuk juga tidak sulit.

Burung yang memiliki warna dan bentuk bervariasi ini juga sangat bagus untuk kamu jadikan burung masteran. Pasalnya, kemampuannya yang lihai bisa menghasilkan suara yang cukup unik.

Jika ingin memelihara pelatuk, perhatikan jenis makanan yang perlu kamu berikan agar berdampak baik pada kicauan burung.

Rekomendasi Makanan untuk Burung Pelatuk

Berikut ini adalah daftar pakan burung pelatuk untuk masteran yang bisa kamu jadikan inspirasi. Dengan memberikan makanan yang sesuai, kualitas burung juga akan semakin baik. Berikut rekomendasinya:

  1. Pemberian Voer

Sama seperti burung lainnya, burung pelatuk juga harus kamu berikan voer dengan rajin. kamu bisa menggunakan voer yang halus atau kasar, sesuai dengan kebutuhan dan kebiasaan.

  1. Extra Fooding Jangkrik

Makanan berupa jangkrik akan memberikan manfaat bagus untuk suara burung. Pemberian jangkrik sebagai Ef yang rajin akan membuat pelatuk kamu rajin berkicau.

  1. Extra Fooding Belalang

Belalang merupakan salah satu rekomendasi pakan burung pelatuk agar rajin berbunyi. Sama seperti manfaat jangkrik untuk burung masteran, burung pelatuk kamu juga pasti akan lebih rajin berbunyi jika makan belalang.

  1. Extra Fooding Ulat Hongkong

Selain jangkrik dan belalang, ulat Hongkong juga tidak boleh ketinggalan. Jenis makanan burung satu ini juga terbukti memberikan banyak manfaat untuk burung lebih rajin dalam berkicau.

  1. Extra Fooding Kroto

Kroto juga wajib menjadi salah satu selingan untuk makanan burung pelatuk kamu. Pemberian kroto secara rutin juga bisa membuat pelatuk kesayangan kamu memiliki suara yang merdu sehingga cocok untuk masteran.

Selain memperhatikan makanan sehari-harinya, kamu tidak boleh mengabaikan cara perawatan burung. Mulai dari pemberian kandang serta cara membersihkan burung.

Pemberian Kandang

Saat kamu telah memelihara burung pelatuk, mulailah berkomitmen untuk memberikan yang terbaik. Sebab, kamu telah meminjam mereka dari alam bebas.

Pastikan untuk merawat burung penuh kasih sayang mulai dari pemberian kandang yang berkualitas. Bukan hanya berkualitas dari segi bentuk kandang, tetapi juga kebersihannya.

kamu bisa membuat kandang burung dari jeruji besi dengan memberikan kayu di dalamnya. Fungsi kayu di dalam untuk aktivitas burung pelatuk yang memang terbiasa mematuk-matuk.

Baca juga: Harga kandang burung kecil terbaru

Membersihkan Kandang

Selain memberikan kandang yang bagus, kamu juga harus memperhatikan kebersihannya. Bersihkan kandang burung pelatuk dengan rajin. Dengan begitu, burung juga bisa lebih sehat, segar, dan terlihat lebih indah.

Pengembunan Burung

Udara pagi sangat bagus untuk semua makhluk hidup, termasuk burung. kamu bisa melakukan pengembunan burung di pagi hari sekitar pukul 05.00.

Waktu tersebut juga sangat tepat karena ada banyak burung lain yang bisa diajak bersahut-sahutan.

Memandikan Burung

Bukan hanya rumahnya saja yang bersih, tapi penghuni di dalamnya juga harus bersih. Burung pelatuk perlu dimandikan agar dapat lebih sehat dan berstamina.

Cara memandikannya cukup dengan menyemprot dari luar kandang. Hendaknya saat memandikan burung pelatuk tidak terlalu siang, maksimal sekitar jam 8 pagi. Setelah itu, jemur burung supaya bulunya bisa kering lebih cepat.

Pemberian extra fooding dan voer sangat bagus untuk menunjang burung pelatuk dalam berlatih pemasteran. Selain memberikan pakan burung pelatuk dengan rajin, kamu juga harus memperhatikan kebersihan kandangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *