Pakan Burung Dara

Rekomendasi Pakan Burung Dara

Diposting pada

BAHASHEWAN.ID – Memelihara burung dara atau merpati bukan sesuatu yang sulit. Terbukti dari jumlahnya yang berlimpah di mana-mana. Bagi kamu yang baru pertama kali akan memeliharanya, wajib tahu apa saja pakan burung dara yang dapat Kamu berikan.

Memelihara burung dara akan memberikan banyak manfaat. Salah satunya bisa kamu jual kepada para pemilik rumah makan yang menyediakan menu merpati.

Bukan berniat kejam, tapi burung dara memang memiliki banyak peminat karena dagingnya yang enak. Selain enak, dagingnya juga mengandung banyak protein.

Lalu, apa saja rekomendasi makanan terbaik yang dapat Kamu berikan untuk burung dara?

Pakan Burung Dara

Selain bisa dikonsumsi, burung dara juga banyak tergabung dalam perlombaan. Berikut ini adalah beberapa jenis pakan untuk bisa membuat burung dara tetap sehat dan energik:

  1. Biji-bijian

Burung merpati menyukai biji-bijian, sehingga biji-bijian sangat cocok untuk kamu jadikan pakan pertama untuk burung dara peliharaan.

Ada banyak biji yang bisa kamu berikan. Mulai dari jagung atau padi. Jika kebetulan kamu tinggal di daerah yang memiliki banyak petani, membeli langsung di hari panen akan menjadi pilihan yang bagus.

Jika ingin harga yang lebih bersahabat, kamu bisa memilih jagung saja untuk diberikan secara rutin pada burung dara. Tapi sesekali penting juga untuk memberikan makanan berupa padi.

  1. Kacang-kacangan Bergizi

Jangan salah, burung juga membutuhkan makanan bergizi. Untuk burung merpati, kamu bisa memberikan beberapa makanan sehat berupa kacang-kacangan.

Kacang-kacangan sangat bagus sebagai makanan untuk burung karena kandungannya yang menyehatkan. Mulai dari mengandung vitamin, mineral, protein, omega, serat, dan kandungan penting lainnya.

Kamu bisa memilih kacang hijau, kacang kedelai, atau mungkin kacang tanah. Ketiganya bagus untuk kesehatan burung dara. Jadi, sesekali berikan kacang-kacangan tersebut sebagai pelengkap makanan selain jagung.

  1. Beras Merah

Sudah bukan rahasia lagi bahwa beras merah sangat cocok untuk dijadikan pakan burung dara paling bernutrisi. Kandungan nutrisinya yang tinggi sangat bagus untuk pemberian stamina pada burung.

Jika kamu sering menggunakan burung untuk acara perlombaan, makanan ini sangat cocok kamu jadikan sebagai pilihan.

Tips Memberi Perawatan Burung Merpati

Agar burung dara kamu bisa sehat, aktif, dan penuh stamina, kamu wajib memberikan beberapa perhatian ekstra. Seperti melakukan beberapa hal berikut ini:

  1. Menyediakan Vitamin Tambahan

Memang benar bahwa vitamin telah menjadi kandungan beberapa makanan, tapi menyediakan vitamin tambahan akan lebih bagus.

Saat ini sudah banyak vitamin untuk merpati yang bisa kamu peroleh dengan mudah di toko. Pasti burung akan lebih berstamina dan energik.

  1. Memperhatikan Kandang Burung

Hal yang tak kalah penting dari cara merawat burung dara adalah membersihkan kandangnya dengan rajin. Sama seperti memelihara hewan pada umumnya, kebersihan menjadi poin paling penting yang juga perlu kamu perhatikan.

Pemberian makan yang rajin dan kebersihan kandang yang terjaga akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan burung dara.

  1. Kombinasi Makanan

Sama seperti kamu, kalau makannya itu-itu saja pasti akan merasa bosan kan? Begitu juga dengan burung dara. Menyelingi makanan burung akan menjadi alternatif yang menarik. Misalnya dengan memberikan jagung, padi, beras merah, serta kacang-kacangan bergantian.

Jadi, jangan hanya pipilan jagung terus menerus setiap hari. Pemberian makanan yang dikombinasikan juga akan memberikan manfaat yang bagus untuk kesehatan burung.

Oh iya, paruh burung dara ternyata ada banyak fungsi loh. Baca di artikel fungsi paruh burung merpati

Memberikan pakan burung dara dan perawatan yang baik akan berdampak positif pada kesehatan dan pertumbuhan burung. Jadi, pastikan untuk memberikan makanan dan perawatan yang tidak asal-asalan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *