Ciri-ciri kacer jantan

Ciri-Ciri Kacer Jantan dan Perbedaannya dengan Kacer Betina

Diposting pada

Ciri-ciri kacer jantan – Untuk bisa merawat kacer dengan maksimal, kalian memang harus bisa membedakan mana kacer betina dan juga kacer jantan.

Hal ini dikarenakan kacer jantan dan betina memiliki cara perawatan yang berbeda. Masalahnya, tidak semua orang dapat membedakan mana ciri-ciri kacer jantan dan betina. 

Meski pada dasarnya jenis-jenis kacer sangatlah banyak, tapi ciri-ciri kacer jantan dan betina memiliki perbedaan yang cukup jelas.

Biasanya, perbedaan antara kedua jenis kelamin kacer ada pada bulu dan suaranya. Jika kacer masih terlalu kecil, kalian dapat melihatnya dari paruhnya. 

Nah, agar lebih jelas bagaimana perbedaan antara kedua jenis kelamin kacer, jangan lewatkan informasi di bawah ini, ya!

Ciri-Ciri Kacer Jantan yang Membedakan dengan Kacer Betina

ciri-ciri kacer jantan

Pada dasarnya, kita dapat melihat perbedaan jelas antara kedua jenis kelamin kacer saat usia mereka memasuki 1 bulan. Selain dari suara dan bulunya, perbedaan jelas antara kacer jantan dan betina dapat terlihat dari perilakunya.

Berikut ulasan lengkap masing-masing ciri yang membedakan antara kacer jantan dan juga kacer betina.

  1. Kepala

Ciri-ciri burung kacer jantan yaitu memiliki bentuk kepala cepak dan juga datar. Kepala kacer jantan yang memiliki bentuk seperti itu menjadi pertanda bahwa kacer jantan lebih memiliki potensi dalam hal suara dan juga kecerdasan.

Perbedaan bentuk kepala antara kedua jenis kelamin kacer ini terlihat sangat jelas. Berbeda dengan kacer jantan, kacer betina memiliki bentuk kepala yang bulan dan juga terlihat berisi.

  1. Dada

Bagian dada pada kacer jantan cenderung terlihat membusung ke depan dan besar. Untuk warna bulunya yaitu hitam pekat.

Sementara itu, kacer betina memiliki bentuk dada yang tidak terlalu mencolok dengan warna bulu yang cenderung abu-abu.

  1. Paruh

Perbedaan paruh burung antara kedua jenis kelamin kacer hanya terlihat pada warnanya saja. Keduanya sama-sama memiliki paruh berbentuk V.

Namun, untuk paruh kacer jantan memiliki warna hitam pekat. Sementara kacer betina biasanya memiliki warna paruh yang cenderung memudar atau abu-abu sedikit hitam.

  1. Suara

Ciri-ciri kacer jantan yang bagus memiliki suara yang cenderung lebih gacor dan keras dengan durasi yang panjang.

Suara burung kacer jantan ini juga dapat dilatih untuk menghasilkan berbagai variasi suara. Oleh karena itu, kacer jantan sering kali menjadi pilihan bagi mereka yang menyukai burung kacer. 

  1. Punggung

Pada bagian punggung, perbedaan kedua jenis kelamin kacer terlihat cukup jelas. Kacer jantan memiliki punggung yang cenderung lebih panjang, lebih besar, dan lebih lebar.

Warna bulu pada punggung kacer jantan juga pekat, sedangkan punggung kacer betina terlihat memudar atau berwarna abu-abu.

  1. Cara berdiri

Cara berdiri yang cenderung tegak dan membusungkan dada, terlihat seperti sedang mengintai sesuatu menjadi ciri-ciri kacer jantan lokal.

Saat berdiri, kacer jantan juga akan terlihat lebih tinggi. Hal ini berbeda dengan kacer betina yang memiliki badan bulat dan besar, yang membuatnya lebih pendek dari kacer jantan.

  1. Ukuran tubuh

Kacer jantan dan juga kacer betina juga memiliki perbedaan yang cukup jelas pada ukuran tubuhnya.

Umumnya, kacer jantan memiliki tubuh yang lebih besar. Namun, beberapa kacer betina kadang juga ada yang terlihat besar karena bentuk tubuhnya yang bulat. 

Agar perbedaannya terlihat lebih jelas, sebaiknya sandingkan antara kacer betina dan kacer jantan pada yang sama dan sudah terbilang dewasa.

Baca juga: Cara Perawatan Kacer Tipe Panas Berdasarkan Tingkatannya

  1. Dubur

Kalian juga dapat melihat perbedaan antara kedua jenis kelamin kacer pada bagian duburnya. Kacer jantan cenderung memiliki dubur yang kecil, tapi memanjang.

Sementara itu, dubur kacer betina terlihat besar dan juga lebar.

  1. Kaki

Jika kalian lihat pada kakinya, kacer jantan memiliki kaki yang lebih panjang dan lebih kuat daripada kacer betina. Namun, keduanya memiliki warna kaki yang sama, yaitu berwarna abu-abu.

  1. Kelincahan

Pada dasarnya, kacer jantan memiliki lebih banyak energi, sehingga cenderung lebih lincah dari kacer betina. Tak hanya itu, kacer jantan juga memiliki kekuatan fisik yang lebih baik.

Namun, baik kacer jantan atau kacer betina, kelincahannya juga dapat dipengaruhi oleh birahi yang tinggi atau keadaan mental.

Penutup

Pada dasarnya, kacer betina dan kacer jantan memang memiliki beberapa perbedaan. Dengan mengetahui perbedaan keduanya, kalian dapat melakukan perawatan dengan lebih maksimal. Sebab, antara kedua jenis kelamin kacer ini memiliki cara perawatan yang berbeda.

Baca juga: Ciri-Ciri Kacer Kurang Emosi dan Cara Mengatasinya

Bagaimana? Apakah ciri-ciri kacer jantan di atas sudah cukup jelas? Atau kalian punya trik khusus untuk membedakan mana kacer betina dan kacer jantan? Jika punya, yuk share di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *