Perawatan Kacer Tipe Panas

Cara Perawatan Kacer Tipe Panas Berdasarkan Tingkatannya

Diposting pada

BAHASHEWAN.ID – Tahukah kalian? Ternyata cara merawat Kacer tipe panas dan tipe dingin itu sangat berbeda, lho. Berikut ini beberapa cara perawatan Kacer tipe panas.

Kacer merupakan salah satu burung favorit dan sering menjadi kontestan perlombaan di kalangan pecinta burung.

Selain karena suara dan tampilannya yang menarik, burung ini juga disukai karena perawatannya mudah. Yang harus kalian tahu perawatan Kacer tipe panas dan tipe dingin ternyata berbeda, lho

Kacer memang terbagi menjadi dua tipe, yaitu tipe panas dan dingin. Perawatan  Kacer tipe panas dan dingin ini ternyata jauh berbeda dan dapat berpengaruh ke suara Kacer tipe panas.

Nah, di artikel ini kalian akan mengetahui bagaimana cara merawat Kacer tipe panas. 

Cara Perawatan Kacer Tipe Panas

Cara Perawatan Kacer Tipe Panas

Perawatan Kacer yang termasuk dalam tipe panas terbagi menjadi beberapa tingkatan. Mulai dari level satu sampai level empat.

Pemilihan level ini bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan Kacer yang kalian miliki. Berikut ini tips perawatan berdasarkan tingkatannya. 

Perawatan Kacer Level 1 

Sebagai permulaan, kalian bisa mencoba melakukan perawatan harian pada Kacer dengan menggunakan level 1. Berikut ini rinciannya:

  • Jangan memberikan terlalu banyak jangkrik

Jangkrik merupakan makanan paling umum yang diberikan untuk Kacer. Namun, untuk metode perawatan level 1 ini, sebaiknya kalian jangan terlalu banyak memberi Kacer makan jangkrik.  

Sebenarnya, Kacer tidak terlalu memerlukan energi atau tenaga yang berlebih. Mereka hanya perlu asupan tambahan karena memang sudah jadi ciri khas Kacer, memiliki tingkat emosi yang cukup tinggi. 

Tapi ingat, ini bukan berarti kalian tidak perlu memberi makan untuk tenaga, ya. Hanya perlu menguranginya. 

  • Waktu tepat untuk mandi 

Selain memperhatikan porsi makan, kalian juga harus mengatur waktu yang tepat untuk mandi. Kacer tipe panas umumnya mandi waktu sore hari.

Kalian bisa memandikan Kacer antara pukul 16.00 dan pukul 18.00. Kalian juga tak perlu memandikannya terlalu lama, ya.

Ketika Kacer siap mengikuti lomba, kalian bisa memandikannya terlebih dahulu. Saat sampai di tempat perlombaan dan cuacanya panas, kalian bisa memandikannya lagi meski sekedar semprot-semprot sedikit. 

Baca juga: Manfaat mandi malam untuk kacer

  • Durasi dan waktu tepat untuk berjemur 

Setelah mandi, perawatan berikutnya yang perlu kalian perhatikan adalah waktu berjemur. Kalian tidak perlu terlalu sering menjemur Kacer. Hanya perlu waktu sekitar 30 menit dan hanya 2 hari sekali sudah cukup. 

Perawatan Kacer Tipe Panas Level 2

Jika perawatan level 1 kalian rasa kurang, kalian bisa lihat tips berikut untuk perawatan Kacer tipe panas agar gacor. 

  • Waktu mandi

Sama seperti level satu, kalian bisa memandikan Kacer setiap harinya di waktu petang. Pastikan tubuh Kacer selalu fresh dan bersih agar ia merasa nyaman. 

  • Durasi penjemuran

Berbeda dengan level pertama, kalian sebaiknya menjemur Kacer hanya dua kali dalam seminggu dengan waktu tiap penjemurannya kurang dari 30 menit. Misalnya, kalian bisa jemur di hari Selasa dan Jumat.

  • Penutupan kerodong

Untuk hasil suara yang lebih nyaring, kalian bisa menutup sangkar Kacer setiap hari di siang dan malam hari. 

  • Pemberian takaran pakan

Kalian bisa memberi takaran pakan EF (extra food) setiap hari. Takarannya juga tidak terlalu banyak, cukup satu cepuk setiap harinya. 

Perawatan Kacer Level 3

Level perawatan selanjutnya yang bisa kalian pilih ini lebih tinggi tingkatannya daripada level sebelumnya. Berikut ini berbagai perawatannya: 

  • Tak perlu beri makanan sampingan 

Dalam perawatan Kacer level 3, kalian tidak perlu memberi makanan tambahan. Seperti Jangkrik, kroto, dan sebagainya. Kalian hanya perlu memberi voer yang cocok untuk Kacer tipe panas. Sebagai gantinya, kalian bisa memberinya buah. 

  • Tidak perlu dijemur

Untuk perawatan level 3 ini, kalian tak perlu menjemurnya seperti level-level sebelumnya. Tapi, pola mandi tetap kalian lakukan seperti yang sebelumnya. 

Perawatan Kacer Level 4

Tingkatan perawatan ini umumnya dilakukan apabila Kacer tidak mau makan kroto. Berikut ini cara perawatannya: 

  • Ini adalah perawatan tingkat tinggi. Kalian bisa memandikannya dua minggu sekali dan saat akan lomba saja. Selain itu, kalian bisa menjemur maksimal 30 menit. 
  • Di level pemeliharaan satu ini, kalian bisa memberi Kacer maksimal 5 ekor jangkrik untuk makanan pendamping setiap harinya. Ini bisa dibagi 3 ekor di pagi hari dan 2 ekor di sore hari, atau sebaliknya. 
  • Ketika hari H perlombaan, burung Kacer wajib dimandikan. Menjelang gantang, cukup beri jangkrik satu atau dua ekor saja. 

Penutup

Kacer merupakan burung yang memiliki suara dan bentuk yang unik. Burung ini memiliki dua tipe, yaitu tipe panas dan tipe dingin. Perawatan keduanya pun sangat berbeda.

Oleh sebab itu, sebaiknya kamu memperhatikan Kacer yang kalian miliki. Jika Kacer kalian adalah tipe hangat, cara di atas mungkin bisa membantu.

Pelajari juga: 4 Ramuan Agar Kacer Gacor dengan Cepat

Itulah tadi perawatan Kacer tipe panas yang terbagi menjadi 4 level, disesuaikan dengan kebutuhan. Dari beberapa cara di atas, apakah kalian sudah mencoba salah satunya?

Atau jangan-jangan kalian sudah paham tentang cara merawat Kacer tipe panas? Jangan lupa untuk bagikan pengalamanmu di kolom komentar, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *