Cara Karantina Ikan Koi yang Baru Datang

Cara Karantina Ikan Koi yang Baru Datang

Diposting pada

BAHASHEWAN.ID – Kamu baru saja belanja ikan koi? Jangan sampai salah penanganan, ya. Saat ikan-ikan cantik ini baru dibeli, mereka perlu dikarantina dulu.

Nah, kamu perlu tahu cara karantina ikan koi yang baru datang dengan benar. Tujuannya ya supaya ikan koi sehat, tumbuh besar, dan pastinya panjang umur.

Koi-koi yang baru datang bisa saja langsung dimasukkan ke kolam tapi sebaiknya jangan. Alasannya karena ikan ini biasanya stress saat baru mendarat dan jadi lebih gampang sakit.

Ibaratnya, seperti kamu kalau lagi jet lag, pasti bawaanya lelah, pusing, bahkan bisa sampai sakit.  

Cara Karantina Ikan Koi yang Baru Datang

Langkah-langkah karantina ikan koi yang baru di beli:

1. Cek Kondisi Kesehatan Koi

Kamu harus memeriksa apakah ikan sakit atau tidak. Tidak menutup kemungkinan koi membawa penyakit dari tempat asalnya seperti jamur, bakteri, atau kuman-kuman lain yang bisa mencemari seisi kolam.

Pengecekan ini penting agar ikan-ikan yang lain tidak tertular. Kalaupun sehat, karantina tetap diperlukan apalagi waktu pengiriman cukup lama.

2. Proses Pengapungan

Cara karantina ikan koi yaitu harus diapungkan dulu beserta plastiknya. Jadi jangan langsung dituang karena bisa membuat ikan stress.

Proses pengapungan ini sedikitnya 30 menit, paling lama 24 jam dengan syarat ditambah oksigen pada kantong. Lakukan pengapungan di akuarium, ya.

Untuk ikan yang sehat, proses pengapungan ini kemudian perlu menambahkan air dari kolam ke dalam plastik. Tujuannya agar ikan bisa beradaptasi dengan mudah nantinya.

Lalu bagaimana pada yang sakit? Apungkan di akuarium yang diberi heater maksimal suhu 34 derajat celcius. Biarkan selama kira-kira seminggu sambil terus dicek kondisinya sebelum pindah ke kolam filter.

3. Pemindahan ke Kolam

Matikan dulu heater di akuarium saat akan memindah ikan ke kolam filter. Ketika temperatur sudah turun, air jadi dingin, siapkan kantong yang sudah diisi oksigen dan air dari akuarium.

Perlahan, masukkan ikan ke kantong ini lalu apungkan di kolam filter. Pengapungan ini kira-kira memakan waktu 30 menit. Sambil ditambahkan lagi air dari kolam filter, setelah itu, pindahkan.

Disarankan untuk memindahkan ikan dengan menggunakan tangan. Kalaupun dengan serok, hindari memakai yang biasa. Usahakan menggunakan yang khusus untuk handling. Ikan ini bisa dibilang ringkih, gesekan dari serok bisa membuatnya tergores.

4. Karantina Selama Seminggu

Durasi waktu ini dinilai cukup untuk koi beradaptasi dengan lingkungan baru. Untuk itu, selama karantina usahakan agar pompa air dinyalakan, begitu juga dengan air pump serta heater nya.

Hendaknya pengaturan pemanas distandarkan agar suhu terkontrol. Beri juga garam ikan dengan porsi 0,1 persen dari keseluruhan debit air pada kolam karantina.

5. Lakukan Pengecekan Air dan Pakan Selama Proses Karantina

Ikan koi di kolam karantina harus diperhatikan dan dipantau air serta pakannya. Jangan sampai kamu memberi pelet ke ikan yang sedang karantina, ya.

Pada 3 hari pertama, air harus rutin diganti. Selain itu, cek terus kondisi kesehatan si koi ini. Lihat permukaan tubuhnya apakah ditumbuhi jamur atau parasite.

Untuk mencegah penyakit ikan, berikan anti jamur dan parasite serta bisa juga merendam ikan di larutan PK. 1 menit cukup untuk melakukan perendaman sebelum dipindah ke kolam karantina.

Keika kamu rasa ikan sehat dan tidak berjamur, maka pakan pelet bisa mulai diberikan. Porsi makan hendaknya sedikit dulu. Kamu bisa tahu apakah ikan sudah sehat dari cara makannya.

Baca juga: Jenis ikan mas koki yang bagus

Itulah tadi cara karantina ikan koi yang baru datang dengan benar. Pemula disarankan untuk banyak-banyak melihat langsung dari ahlinya atau pada orang yang sudah lama memelihara koi. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *