Manfaat Ulat Jerman Untuk Kacer

4 Manfaat Ulat Jerman Untuk Kacer, Ternyata Lebih Aman!

Diposting pada

BAHASHEWAN.ID – Ulat Jerman apakah lebih aman untuk kacer dari pada ulat Hongkong? Daripada penasaran mending baca artikel manfaat ulat jerman untuk kacer di bawah ini.

Kacer yang sehat, aktif, dan jago berkicau tentu jadi impian para pecinta burung cantik tersebut. Oleh karena itu, pemilihan pakannya memang tidak boleh sembarangan. Kali ini, kamu perlu tahu apa saja manfaat ulat Jerman untuk kacer. 

Sebagai salah satu pilihan EF (Extra Fooding) untuk kacer, ulat Jerman memang belum se-populer ulat Hongkong. Orang yang membudidayakannya belum terlalu banyak.

Meskipun demikian, ulat yang berukuran lebih besar dari ulat Hongkong ini ternyata memiliki banyak manfaat.  

4 Manfaat Ulat Jerman Untuk Kacer

Ulat jerman

Berbeda dengan giant mealworm, ulat Jerman tumbuh secara alami tanpa rekayasa. Secara umum, pakan alami tentu lebih baik untuk kacer. 

Belakangan ini semakin banyak orang yang membudidayakan ulat Jerman untuk pakan hewan. Oleh karena itu, mari simak manfaat ulat jerman.

  1. Bergizi Tinggi

Kamu pasti ingin kacer mendapatkan pakan bergizi baik yang aman. 

Bila dibandingkan dengan kandungan ulat Hongkong maupun ulat kandang, ternyata gizi ulat Jerman lebih tinggi. Secara detail, seperti ini kandungan gizi dari ulat Jerman:

  • Protein: 19,06%
  • Lemak: 14,19%
  • Kalsium: 173 ppm
  • Serat kasar: 2,60%

Dari daftar kandungan gizi tersebut dapat kita lihat bahwa kandungan protein ulat Jerman sangat tinggi. Kandungan gizi tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan burung kacer agar selalu sehat. 

  1. Mengurangi Risiko Sakit

Manfaat ulat Jerman yaitu memiliki ketahanan yang baik terhadap berbagai penyakit. Dengan begitu, saat ulat Jerman diberikan sebagai pakan untuk kacer, kacer berpotensi menjadi lebih sehat. Daya tahan kacer pun semakin prima. 

Saat memberikan ulat Hongkong, biasanya kamu perlu menunggu hingga ulat ganti kulit. Bahkan perlu melakukan trik khusus agar ulat cepat ganti kulit. Namun, saat akan memberikan ulat Jerman, kamu tidak perlu menunggu proses tersebut. 

  1. Tidak Membuat Kacer Over Birahi

Secara umum extra fooding (EF) memang memiliki manfaat untuk meningkatkan birahi kacer. Kacer yang birahinya baik akan dapat ngeplay dan mengeluarkan isian dengan baik saat lomba atau kompetisi. 

Meskipun demikian, beberapa jenis EF dapat menyebabkan over birahi yang membuat kacer justru suka menyerang dan agresif. 

Nah, ternyata manfaat ulat Jerman untuk kacer adalah tidak membuat burung kacer over birahi. Ini berbeda dengan saat kita memberikan banyak ulat Hongkong pada kacer.  

Baca juga: Ciri-Ciri Kacer Kurang Emosi dan Cara Mengatasinya

  1. Lebih Aman Bagi Pencernaan

Bila dibandingkan antara ulat Jerman vs ulat Hongkong, ternyata manfaat ulat Jerman lebih aman untuk pencernaan kacer.

Hal ini disebabkan oleh struktur tubuh ulat Jerman yang memiliki eksoskeleton (tulang luar) lebih sedikit daripada ulat Hongkong. Dengan begitu, ulat Jerman lebih mudah dimakan dan tidak menyakiti organ tubuh kacer. 

Pemberian Ulat Jerman untuk Kacer Sebagai Extra Fooding

Makanan standar kacer adalah voer/pur. Pakan voer ini memiliki kadar protein yang cukup rendah, sehingga burung mungkin masih kelihatan lesu.

Oleh karena itu, pemberian extra fooding dengan porsi yang cukup memang baik untuk memenuhi kebutuhan gizi kacer. 

EF banyak jenisnya. Misalnya jangkrik, kroto, ulat, cacing, dan sebagainya. Mengkombinasikan berbagai jenis EF itu pun perlu pengetahuan dan pengalaman. 

Salah satu keunggulan ulat Jerman sebagai pakan EF kacer adalah efek samping ulat Jerman untuk kacer yang minimal. Hal ini berbeda dengan ulat Hongkong.

Pemberian ulat Hongkong secara berlebihan berpotensi menyebabkan mata burung mengalami katarak, bulu rontok, atau kacer mengalami kegemukan.

Baca juga: 6 Manfaat Cacing Tanah Untuk Kacer Yang Wajib Diketahui

Selama pemberian pakan tidak berlebihan dan dijaga agar sesuai porsi, maka akan aman. Kamu tidak perlu khawatir burung akan sakit atau over birahi. 

Setelah mengetahui manfaat ulat Jerman untuk kacer kamu bisa mulai menentukan seperti apa pemberian EF tersebut pada hewan kesayanganmu. Tak ada salahnya menyediakan stok ulat Jerman sebagai pakan kacer menjelang lomba.

Siap memberikan ulat Jerman untuk kacer kesayangan di rumah?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *